Kejuaraan Sepakbola Piala Gubernur Kepri U-20 Zona Natuna Resmi Digelar

Kejuaraan Sepakbola Piala Gubernur Kepri U-20 Zona Natuna Resmi Digelar

Turnamen sepakbola Piala Gubernur Kepri Zona Natuna resmi digelar. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews, Advertorial - Kejuaraan Sepak Bola U-20 Piala Gubernur Kepri 2023 melanjutkan pertandingan zona V di Kabupaten Natuna. Turnamen ini berlangsung di Lapangan Tunas Harapan Baru, Kota Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Pertandingan cabang sepak bola dimulai pada 8 Agustus 2023 dan akan berakhir pada 15 Agustus 2023. Kejuaraan ini diikuti oleh 13 klub sepak bola.

Ode Harris, Pelaksana Teknis Kejuaraan Sepak Bola Piala Gubernur Kepri, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian turnamen cabang sepak bola yang diselenggarakan di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau.

"Setelah Natuna, turnamen akan dilanjutkan ke zona Karimun dan zona Batam. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau," ungkap Ode.

Baca juga: Polisi: Proses Hukum Kasus Narkoba Anak Wakil Bupati Karimun Sesuai Aturan

Ode juga menjelaskan bahwa sistem pertandingan untuk zona Natuna menggunakan sistem knock-out atau sistem gugur. Ini ditentukan oleh permintaan daerah dan jumlah klub. Karena Natuna memiliki 13 klub, maka sistem gugur digunakan.

“Sebenarnya kalau sistem ini tergantung dengan permintaan daerah dan jumlah klub, kalau mengikuti regulasi jika hanya 8 klub, maka akan dilaksanakan dengan sistem setengah kompetisi. Namun karena Natuna itu ada 13 klub maka kita gunakan sistem gugur,” ujarnya.

Tujuan utama turnamen ini adalah untuk menjaring bakat-bakat muda dalam persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON), sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan oleh PSSI pusat, PBVSI pusat, dan Federasi Futsal pusat.

“Regulasi ini lah yang dikeluarkan oleh organisasi induk, sehingga fokus kita pada bibit-bibit baru yang berusia 20 tahun ke bawah,” tutur Ode.

Baca juga: Terlibat Narkoba, Anak Wakil Bupati Dipastikan Tetap Ditahan Polres Karimun

Ketua Askab PSSI Kabupaten Natuna, melalui Sekjen nya, Heridwi Hartanto, menjelaskan bahwa dari 13 tim yang berpartisipasi, 5 tim mendapat rekomendasi dari Askab PSSI Natuna. Seluruh tim telah melewati verifikasi dan memenuhi syarat sebagai peserta Kejuaraan Piala Gubernur.

"Dengan ikutnya 13 tim dalam ajang Kejuaraan Piala Gubernur ini, menandakan atmosfir sepak bola di Kabupaten Natuna sangatlah tinggi. Semoga dengan ada turnamen ini bisa kita menjaring bibit-bibit muda berpotensi untuk Natuna," ujar Heri.

Piala Gubernur Kepulauan Riau akan mempertandingkan tiga cabang olahraga, yaitu Sepak Bola, Futsal, dan Bola Voli, dengan kategori U-20 plus 2 senior untuk sepak bola, U-23 untuk bola voli, serta kategori pelajar untuk futsal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews