Mengungkap Fakta Menarik Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Mengungkap Fakta Menarik Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang dulunya adalah areal perkebunan (ilustrasi)

Palembang, Batamnews - Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang adalah sebuah kebanggaan bagi kota ini. Selain sebagai gerbang udara yang penting, bandara ini juga memiliki fakta menarik yang jarang diketahui, bahkan oleh warga setempat. 

Berikut beberapa fakta menarik yang dihimpun dari ayopalembang pada Senin (7/8/2023):

1. Nama Pahlawan Nasional

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II mengambil nama dari sosok pahlawan nasional, yaitu Sultan Mahmud Badaruddin II. 

Pada masa penjajahan Belanda, ia memimpin Kesultanan Palembang Darussalam dalam perjuangan melawan penjajah dari tahun 1803 hingga 1819. Nama beliau diabadikan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasanya.

Baca juga: Zuckerberg Buka Tawaran Tanggal Adu Jotos, Elon Musk Minta Siaran Langsung di X

2. Transformasi dari Perkebunan

Sebelum menjadi bandara, lahan ini dulunya merupakan perkebunan yang dikelola oleh Palembang Maatschappij atau NV Palembang Maskapai. 

Transformasi dari lahan perkebunan menjadi bandara dimulai ketika para penerbang Belanda merencanakan untuk menerbangkan pesawat dari Eropa ke wilayah Hindia Belanda. 

Palembang Maatschappij memberikan sebagian lahan perkebunannya untuk dijadikan lapangan terbang pertama di Palembang.

Baca juga: Provinsi Riau Dominasi Titik Panas, BMKG Pekanbaru Khawatirkan Potensi Bencana

3. Perluasan dan Peningkatan Fasilitas

Pada tahun 1990, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II mengalami perluasan yang signifikan. Dana sebesar Rp733 miliar diinvestasikan untuk pengembangan ini. 

Akibatnya, area parkir bandara menjadi luas, mampu menampung hingga 1.000 kendaraan. Landasan pacu juga diperpanjang menjadi 3.000 meter x 60 meter. 

Gedung terminal penumpang juga ditingkatkan menjadi tiga lantai seluas 13.000 meter persegi yang dapat menampung hingga 1.250 penumpang.

Baca juga: Tim Barongsai Singapura Pecahkan Dominasi Malaysia, Juara Kejuaraan Dunia Genting

4. Kesiapan untuk Jenis Pesawat Beragam

Dengan pengembangan yang telah dilakukan, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II kini mampu menerima berbagai jenis pesawat, mulai dari Airbus A330, Boeing 747, hingga Boeing 777. 

Hal ini telah membawa peningkatan jumlah penumpang yang signifikan, dari 7.720 menjadi 16.560 penumpang. Bandara ini menjadi salah satu hub udara yang ramah berbagai jenis pesawat dan penumpang.

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II bukan hanya pintu gerbang penting bagi Palembang, tetapi juga menyimpan kisah menarik tentang sejarah dan perkembangan infrastruktur di kota ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews