Zee Anjing Pelacak Bea Cukai Riau Tunjukan Kehebatan Temukan Barang Terlarang di Padang

Zee Anjing Pelacak Bea Cukai Riau Tunjukan Kehebatan Temukan Barang Terlarang di Padang

Zee, anjing pelacak milik Bea Cukai Riau tunjukan kehebatannya dalam menemukan brang terlarang di Padang (internet)

Padang, Batamnews - Saat acara pemusnahan 6.340.916 batang rokok ilegal di Kantor Bea Cukai Teluk Bayur, Kota Padang, anjing pelacak Zee dari Unit K-9 Bea Cukai Kanwil Riau menunjukkan kehebatannya dalam mendeteksi barang terlarang. 

Demonstrasi kemampuan Zee ini menyita perhatian para tamu undangan yang hadir pada Kamis pagi (3/8/2023).

Dalam demonstrasi tersebut, anjing pelacak Zee yang dipimpin oleh Pawang Sanjiwy berhasil mengendus keberadaan barang terlarang di antara sembilan orang relawan yang berdiri diam di panggung. 

Baca juga: Sejumlah Event Meriahkan Hari Kemerdekaan ke-78 RI di Karimun

Dengan tekun, Zee berhenti sejenak pada setiap orang yang diperiksa hingga akhirnya menemukan benda terlarang yang terbungkus dengan kain reklame bekas.

Para tamu undangan memberikan aplaus meriah sebagai apresiasi atas keberhasilan tim K-9 Bea Cukai Riau. Kepala KPPBC Teluk Bayur, Indra Sucahyo, menyampaikan bahwa saat ini kantor Bea Cukai Teluk Bayur telah didukung oleh Unit K-9 dari Kanwil DJBC Riau. 

Keberadaan anjing pelacak ini memperkuat upaya dalam mendeteksi dan mencegah peredaran barang-barang larangan dan pembatasan seperti Narkoba, tembakau, mata uang, CITES bahan peledak, dan senjata api.

Baca juga: Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kampar Riau

Kepala Kanwil DJBC Provinsi Riau, Agus Yulianto, yang turut hadir dalam acara pemusnahan barang milik negara di KPPBC Teluk Bayur, menyampaikan pentingnya peran anjing pelacak dalam tugas-tugas kepabeanan. 

"Anjing pelacak, baik yang bersifat agresif maupun pasif, telah membuktikan kehandalannya dalam melakukan pengawasan dan operasi di bandar udara, pelabuhan laut, dan kantor pos," ujarnya.

Agus juga menegaskan bahwa tugas Bea Cukai tidak hanya sebagai community protector, tetapi juga sebagai revenue collector, industrial assistance, dan trade facilitator. 

Dukungan dari Unit K-9 Bea Cukai Riau ini diharapkan dapat semakin meningkatkan efektivitas penindakan dan pengawasan terhadap penyelundupan barang-barang terlarang di wilayah Riau.

Baca juga: Bejat, Ayah di Riau Cabuli Anak Kandung Sejak SD hingga Berusia 16 Tahun

Kehadiran anjing pelacak Zee dan tim K-9 Bea Cukai Riau menjadi aktor utama dalam operasi-operasi pencegahan di berbagai tempat, termasuk Bandara Minangkabau. 

Melalui kerja sama dan penggunaan teknologi canggih seperti anjing pelacak, Bea Cukai Riau terus berupaya memastikan keamanan dan ketertiban dalam pelayanan kepabeanan serta melindungi masyarakat dari dampak negatif peredaran barang-barang ilegal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews