Mengungkap Kelezatan Tersembunyi: 9 Makanan Khas Minang yang Jarang Dijumpai di Rumah Makan Padang

Mengungkap Kelezatan Tersembunyi: 9 Makanan Khas Minang yang Jarang Dijumpai di Rumah Makan Padang

Samba lado tanak, atau sambal yang dimasak dengan santan berisikan ikan teri, telur puyuh, petai, dan jengkol (ilustrasi)

Padang, Batamnews - Masakan khas Minang dikenal dengan cita rasa yang pedas dan gurih disertai dengan banyak bumbu. Bahkan menu-menu khas Minang juga dikenal dengan hidangan yang banyak santan dan minyak. Sebut saja rendang, gulai nangka, sambal cabai hijau, gulai ikan, dan sebagainya.

Namun tahukah kamu, selain menu-menu tersebut ternyata ada masakan khas Minang lain yang tak dihidangkan di rumah makan Padang.

Baca juga: Trafik Penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam Meningkat Pesat hingga Juli 2023

Meskipun begitu, menu-menu ini justru menjadi favorit lantaran diolah dengan cara sederhana dan tentunya dengan rasa yang tak kalah nikmat.

Berikut adalah 9 makanan khas Minang yang jarang dijual di rumah makan Padang yang berhasil kami rangkum:

1. Samba Lado Tanak

Samba lado tanak merupakan masakan yang diolah dari santan kelapa yang dimasak bersama cabai dan bumbu yang dihaluskan, kemudian dimasak hingga santan mengering. Samba lado tanak biasanya dicampur dengan jengkol, petai, ikan teri, dan telur puyuh untuk cita rasa yang lebih nikmat.

2. Samba Lado Masiak

Samba lado masik berarti cabai yang dikeringkan (masiak). Cabai yang digunakan biasanya cabai rusak yang tak digunakan untuk memasak. Cabai tersebut akan dijemur hingga kering, kemudian digiling kasar dan ditambahkan sejumlah bumbu dan garam. Isian berupa kerupuk kulit, kerupuk jariang (jengkol), dan ebi yang sudah digoreng kering.

Baca juga: Profil Abdul Rahman, Talenta Muda Kepri yang RANS Nusantara FC

3. Ikan Teri Kacang Balado

Ikan teri kacang balado merupakan hidangan balado dengan isian ikan teri dan kacang tanah yang digoreng hingga kering. Cabai dan bumbu yang telah dihaluskan dimasak hingga kering, kemudian dicampurkan dengan ikan teri dan kacang goreng.

4. Gulai Telur Tapak Liman

Gulai telur tapak liman terbuat dari telur rebus dan daun dari tumbuhan tapak liman. Kombinasi telur dan daun tapak liman yang sudah matang dengan kuah gulai membuat hidangan ini nikmat.

Baca juga: Kepulauan Riau Dinyatakan Sebagai Provinsi Layak Anak 2023, Berikut Daftar Lengkapnya

5. Asam Padeh

Asam padeh adalah sejenis gulai yang dimasak bersama ikan, labu siam, dan kacang panjang tanpa menggunakan santan. Kuahnya cenderung cair sehingga terkesan segar.

6. Anyang

Anyang, atau dikenal dengan sebutan urap, merupakan masakan berisi sayuran dengan campuran kelapa parut. Anyang cenderung lebih basah dibandingkan urap pada umumnya, dengan rasa gurih dan pedas.

Baca juga: Miris! Anak Dijadikan Pengemis di Kota Pekanbaru Akibat Kondisi Ekonomi

7. Gulai Kurma

Gulai kurma adalah masakan khas Minang dengan bahan utama daging. Perpaduan rempah-rempah yang meresap ke dalam daging dan kuah kental membuat hidangan ini istimewa.

8. Punju Ikan

Punju Ikan adalah kuliner khas Minang yang jarang dijumpai di rumah makan Padang. Menggunakan ikan air tawar dengan rempah-rempah seperti cabe dan santan, disajikan dengan dibalut daun pisang dan daun talas, kemudian dikukus menggunakan tungku yang memakai api.

Baca juga: Tiga Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Hp

9. Singgang Ayam

Singgang Ayam adalah makanan khas Minang yang jarang dijumpai di rumah makan Padang. Biasanya hanya ada di acara-acara tertentu, seperti pesta pernikahan atau acara lainnya. Dibuat dengan rempah-rempah, santan, dan bahan-bahan lainnya, bisa disajikan dengan kuah gulai yang banyak atau kering, sesuai dengan selera.

Walaupun jarang ditemui di rumah makan Padang, namun kuliner khas ini sering bermunculan saat bulan Ramadhan di pasar-pasar pabukoan atau pasar khusus penjual takjil.

Meski jarang dijumpai, kelezatan dan keunikannya menjadikan makanan-makanan khas ini layak untuk dicoba jika Anda berkesempatan mengunjungi daerah asalnya atau restoran khusus yang menyajikannya. Selamat menikmati kuliner Minang yang istimewa!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews