Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kampar Riau

Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kampar Riau

Tim Gabungan yang terdiri dari personel Polsek Kuala Kampar, TNI, BPBD, Satpol PP, Upika Kecamatan Kuala Kampar dan masyarakat berhasil melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pelalawan, Batamnews - Tim Gabungan yang terdiri dari personel Polsek Kuala Kampar, TNI, BPBD, Satpol PP, Upika Kecamatan Kuala Kampar dan masyarakat berhasil melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto melalui Kapolsek AKP Hanova Siagian mengatakan, titik api sudah dapat dipadamkan oleh tim gabungan.

"Kita sekarang sedang melakukan kegiatan pendinginan titik api yang termonitor Aplikasi Dasboard Lancang Kuning di wilayah hukum Polsek Kuala Kampar, Polres Pelalawan. Pendinginan untuk mengantisipasi rembetan api dalam gambut,” jelas Kapolsek kepada Batamnews, Kamis (3/8/2023).

Dari penuturan Kapolsek, lokasi pendinginan berada di RT 003/RW 004 Parit Melati, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan. Titik koordinat 0.558200 N 103 258670 E dan  0557660 N 103. 262130 E.

Baca juga: Bejat, Ayah di Riau Cabuli Anak Kandung Sejak SD hingga Berusia 16 Tahun

"Lokasi tanahnya gambut, semak belukar seluas lebih kurang 2.500 meter persegi," ujar dia.

Kapolsek menjelaskan, semangat tim gabungan dalam melakukan pendinginan di lokasi termonitor oleh aplikasi RCM. Sebut dia, tim sekarang ini juga melakukan pengecekan dan pemadaman dengan melibatkan unsur Polri, TNI, personil pemadam kebakaran, dan masyarakat, sekarang membuat sekat batas.

"Titik hotspot yang terjadi karhutla merupakan tanah gambut semak belukar lebih kuran 1/4 Hektare. Saat ini api sudah padam menyisakan sedikit asap," ujar dia lagi.

Terkait dengan kendala, jelas Kapolsek lagi panas terik dan angin kencang membuat situasi pendinginan Karhutla menjadi lama. Ditambah sumber air yang lumayan jauh, namun semua ini tidak menyurutkan semangat tim.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews