Langit Singapura Diwarnai Keindahan Supermoon Sturgeon

Langit Singapura Diwarnai Keindahan Supermoon Sturgeon

Langit Singapura diwarnai keindahan Supermoon (tangkapan layar/cna)

Singapura, Batamnews - Warga Singapura dan para penggemar astronomi dikejutkan oleh fenomena langit yang menakjubkan saat Supermoon Sturgeon, supermoon pertama dari dua supermoon di bulan Agustus, muncul di langit Singapura pada malam Selasa (1 Agustus).

Supermoon merupakan momen langka ketika bulan berada dalam titik terdekat dengan Bumi, sehingga tampak lebih besar dan lebih cerah dari biasanya. 

Observatorium Pusat Sains mengungkapkan bahwa Supermoon Sturgeon merupakan "supermoon kedua terdekat dengan planet kita tahun ini, setelah Bulan Biru" yang akan terlihat pada akhir bulan pada tanggal 31 Agustus.

Baca juga: Peringatan Cuaca Perairan Batam, Rabu: Potensi Hujan Ringan Lokal di Wilayah Kepri

Ketinggian tertinggi Supermoon Sturgeon akan terjadi pada pukul 1 pagi pada hari Rabu, yang menjanjikan pemandangan spektakuler bagi para pengamat bintang.

Salah satu pembaca CNA, A Kannan, berhasil menangkap keindahan Supermoon Sturgeon melalui foto-foto yang diambil dari kawasan Woodlands.

"Iluminasi penuh dari dua supermoon di bulan Agustus 2023 mempesona langit malam ini," ucapnya, menambahkan bahwa Supermoon Sturgeon muncul sekitar pukul 7.10 malam.

Baca juga: BP Batam Gelar Workshop untuk Meningkatkan Kualitas SDM melalui Pengelolaan Manajemen Talenta

"Jarak bulan sekitar 357.800 km dari Bumi saat foto ini diambil dari Woodlands malam ini sekitar pukul 8 malam."

Kannan menyatakan bahwa langit awalnya tertutup awan, namun ia bersabar menunggu lebih dari 30 menit hingga akhirnya bulan bersinar dengan indah.

Bagi mereka yang tak sempat menyaksikan keindahan Supermoon Sturgeon, jangan kecewa. Bulan Biru, yang diharapkan menjadi supermoon terang dan terdekat dengan Bumi tahun ini, akan muncul pada 31 Agustus pukul 7.34 malam dari arah timur.

Para pecinta astronomi juga berkesempatan melihat hujan meteor Perseid yang mencapai puncaknya pada 12 dan 13 Agustus mulai pukul 4 pagi.

Baca juga: Tradisi Mencuci Tangan dengan Teko di Kepulauan Riau: Akar Kepercayaan Agama dan Budaya Melayu

Menurut Administrasi Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), Perseid adalah "hujan meteor terbaik dalam setahun", jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pemandangan langit yang menakjubkan ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews