Percepat Target Penyelesaian: Proses Perbaikan Pipa Intake Terus Dikebut

Percepat Target Penyelesaian: Proses Perbaikan Pipa Intake Terus Dikebut

Direktur BU SPAM BP Batam Denny Tondano

Batam, Batamnews - Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) BP Batam tengah berupaya maksimal untuk memastikan kembali normalnya aliran air bersih. Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap gangguan pasokan air di beberapa wilayah dalam beberapa hari terakhir.

Gangguan pasokan air bersih terjadi akibat pekerjaan perbaikan dua Pompa Intake pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang. Pihak BU SPAM BP Batam terus berusaha mempercepat pekerjaan perbaikan agar layanan air kepada masyarakat dapat segera pulih.

Wilayah-wilayah yang terdampak antara lain adalah Batam Center, Batu Aji, Marina, Tanjung Uncang, Bengkong, Nagoya, Jodoh, Punggur, Kabil, Batu Besar, Sengkuang, Batu Merah, Baloi, dan sekitarnya.

Direktur BU SPAM BP Batam, Denny Tondano, mengungkapkan bahwa kerusakan dua Pompa Intake di IPA Duriangkang menyebabkan hilangnya suplai air sebesar 360 liter per detik (lpd). Jumlah ini berdampak pada 36 ribu sambungan rumah di beberapa daerah.

Baca juga: Kerjasama Pengembangan KEK Kesehatan Internasional Batam: KJRI Johor Bahru Gandeng KJP Healthcare

"Pekerjaan rewinding sudah kita lakukan pada hari Sabtu kemarin. Tapi perbaikan komponen mesinnya diperkirakan selesai pada hari Kamis karena barangnya tidak tersedia di sini, sehingga kita terpaksa mencarinya di Singapura," ujarnya pada Senin (31/7/2023) sore.

Denny menjelaskan bahwa komponen mesin yang dibeli dari Singapura juga memerlukan proses bubut sebelum diinstalasi. Proses ini diperkirakan akan memakan waktu hingga Kamis (3/8/2023) mendatang.

"Walaupun begitu, kita akan berusaha secepatnya. Saat ini, pekerjaan dilakukan selama 24 jam tanpa henti agar penyelesaiannya tidak sampai hari Kamis," tambahnya.

Setelah komponen tersebut terpasang, masih diperlukan waktu beberapa saat agar aliran air kembali normal di wilayah-wilayah terdampak, terutama pada daerah dengan elevasi tanah yang tinggi.

Baca juga: Buka Peluang Kerja, Kepala BP Batam Dukung Pengembangan KEK Batam Aero Technic

Denny menegaskan bahwa BU SPAM BP Batam dan PT Moya Indonesia telah menyiapkan mobil tangki air bersih untuk pelanggan yang mengalami gangguan suplai air bersih selama 1x24 jam. Bahkan saat ini, mereka telah meminta bantuan mobil tangki dari Pemadam Kebakaran BP Batam dan Pemko Batam.

Penyediaan tangki air tersebut dapat dihubungi melalui Ketua RT/RW/Kelurahan setempat. Untuk wilayah Putra Jaya, Indomas 1 dan 2, Sumberindo, Central Park, Rusun Batamec, dan Fanindo, dapat menghubungi Aji Santoso (0813-7266-3986).

Sementara itu, untuk lokasi di luar daerah di atas, dapat menghubungi Ginda (0811-7717-272), Steve (0821-1276-0088), dan Mujiaman (0811-370-857).

Meskipun langkah tersebut tidak menyelesaikan masalah secara keseluruhan, namun setidaknya merupakan langkah pertama yang dilakukan untuk jangka pendek, kata Denny.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengecekan di IPA Duriangkang untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan serupa di masa mendatang.

"BP Batam memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan masyarakat Kota Batam selama beberapa hari terakhir. Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan suplai air bersih bersama mitra kami demi memenuhi kebutuhan dan kenyamanan publik," tambahnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews