Penerimaan CASN Tahun 2022: Batam Butuh 280 Tenaga Ahli

Penerimaan CASN Tahun 2022: Batam Butuh 280 Tenaga Ahli

Sekda Kota Batam Jefridin.

Batam, Batamnews - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2022 akan dibuka dalam waktu dekat ini. 

Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk menyiapkan data honorer yang aktif mengabdi untuk saat ini. Kebijakan rekrutmen akan dijalankan sesuai dengan petunjuk dan teknis (juknis) yang dikeluarkan Kementerian PAN-RB.

"Kalau untuk seleksi CASN tidak saja untuk mereka yang sudah bekerja di lingkungan Pemko Batam, namun juga terbuka untuk yang baru atau orang dari luar pemerintahan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, Senin (26/9/2022).

Baca: Ini Jumlah Formasi CPNS dan P3K yang Diajukan Pemko Batam

Ia mengakui, pihaknya sudah mendata kebutuhan formasi CPNS maupun PPPK di lingkungan Pemko Batam. Sehingga ketika pembukaan penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN), bisa segera diusulkan. 

"PPPK juga merupakan ASN. Bedanya hanya di perjanjian kerja dan tidak ada gaji usai pensiun. Namun untuk hak dan kewajiban terhadap tugas dan tanggung jawab sama,” katanya. 

Mengenai pendataan tenaga honorer, Jefiridin mengatakan proses itu sudah selesai dilakukan. Pihaknya telah menyerahkan data tersebut ke Pemerintah Pusat untuk dijadikan database dalam seleksi penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini. 

Baca: 7 Perbedaan PNS dan PPPK, Mulai Gaji dan Tunjangan hingga Status Hubungan Kerja

Dari pendataan yang telah dilakukan, diketahui bahwa dibutuhkan 280 tenaga ahli di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). 

"Selain usulan PPPK guru, dan tenaga kesehatan. Kebutuhan yang urgent adalah tenaga ahli. Jadi kami sudah data, dan ini menjadi dasar dalam usulan penerimaan pegawai yang akan dibukan pusat nantinya," katanya.

Ia mengimbau kepada honorer yang sudah mengabdi untuk bisa memanfaatkan kesempatan menjadi ASN yang dibuka pemerintah.

"Kalau harapan kami semua yang honorer ini jadi ASN melalui seleksi PPPK. Karena sudah pasti ada peningkatan jenjang karir mereka. Pemko Batam mendorong hal itu terwujud," katanya.

Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi, dan Birokrasi mengumumkan akan segera membuka seleksi penerimaan ASN. Tahun ini sebanyak 530.0288 ASN. 

Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk instansi pusat sebanyak 90.690, dan instansi daerah sebanyak 439.338.

Untuk kebutuhan daerah dirinci sebanyak 319.716 kebutuhan PPPK guru, 92.014 untuk PPPK tenaga kesehatan, dan 27.608 untuk tenaga teknis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews