Transportasi Logistik Pelabuhan RoRo Dumai-Pulau Rupat Siap Terealisasi dengan Program Hibah MCC

Transportasi Logistik Pelabuhan RoRo Dumai-Pulau Rupat Siap Terealisasi dengan Program Hibah MCC

Gubernur Riau Syamsuar menyatakan pelabuhan RoRo Dumai-Rupat segera beroperasi (ist)

Pekanbaru, Batamnews - Program hibah Millennium Challenge Compact (MCC) dari Pemerintah Amerika Serikat kepada Pemerintah Provinsi Riau akan segera dilaksanakan pada bulan September 2023 setelah lahan yang dibutuhkan tersedia.

Program MCC atau Compact-2 ini diberikan kepada lima provinsi di Indonesia, salah satunya adalah Provinsi Riau. Dalam hal ini, Provinsi Riau akan melaksanakan program transportasi logistik yaitu Pelabuhan RoRo Dumai-Pulau Rupat.

Gubernur Riau, Syamsuar, menyatakan kesiapannya dalam mendukung semua keperluan yang dibutuhkan dalam proses pelaksanaan Program Compact-2 ini. Menurutnya, jika Program Compact-2 ini berhasil terealisasi, akan memberikan dampak positif yang besar bagi Provinsi Riau.

Baca juga: Disdik Batam: Tidak Ada Kewajiban bagi Peserta Didik Baru untuk Membeli Seragam di Sekolah

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Gubernur Syamsuar saat melakukan diskusi lanjutan mengenai dukungan pelaksanaan proyek infrastruktur percontohan Program Compact-2 MCC Roll on/Roll Off (RoRo) Dumai-Pulau Rupat di kantor Bappedalitbang Provinsi Riau pada Selasa (18/7/2023).

"Semoga Program Compact-2 ini dapat terlaksana dan memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan daerah di masa yang akan datang," harap Gubernur Syamsuar.

Baca juga: Ismiyati Desak Pelindo Batalkan Rencana Kenaikan Tarif Pas Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Gubernur Syamsuar juga menghimbau kepada daerah terkait, yaitu Dumai dan Bengkalis, untuk segera menyediakan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan proyek RoRo tersebut agar proses pembangunan dapat dilaksanakan dengan segera.

Sementara itu, Riau Regional Manager, Muhammad Ikhsan, menyebutkan bahwa Provinsi Riau telah memilih proyek yang akan dibangun melalui hibah MCC, yaitu Pelabuhan RoRo Dumai-Pulau Rupat. Ia meminta pemerintah setempat untuk segera mempersiapkan kebutuhan proyek tersebut agar pembangunan dapat dilakukan pada bulan September mendatang.

"Insyaallah pembangunan akan dilakukan pada bulan September. Namun, salah satu syaratnya adalah ketersediaan lahan," jelas Ikhsan.

Baca juga: SMAN 1 Batam Terapkan Sistem Belajar Daring bagi Siswa yang Tidak Tertampung pada PPDB

Ikhsan menekankan bahwa ketersediaan lahan sangat penting karena MCC tidak akan memberikan dana untuk penyediaan lahan, dan ketersediaan lahan merupakan prasyarat yang harus terpenuhi sebelum pembangunan dimulai pada bulan September 2023.

"Dengan adanya Pelabuhan RoRo Dumai-Pulau Rupat ini, diharapkan akan meningkatkan aktivitas pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Riau," tambah Ikhsan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews