Kepri Peringkat 1 Nasional Kelola Pengaduan Publik

Pemerintah Kepulauan Riau Sosialisasikan SP4N-LAPOR! untuk Meningkatkan Kepercayaan Publik

Pemerintah Kepulauan Riau Sosialisasikan SP4N-LAPOR! untuk Meningkatkan Kepercayaan Publik

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau, kembali mensosialisasikan SP4N-LAPOR! (dok diskominfo kepri)

Kepri, Batamnews - Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Hukum Provinsi Kepulauan Riau, Sardison, mewakili Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, membuka kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional / Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Dompak, pada Jumat (14/07).

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau, kembali mensosialisasikan SP4N-LAPOR!.

Sub Koordinator Pengelolaan Opini Publik pada Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik menjadi leading sector dalam pengelolaan SP4N LAPOR! di Provinsi Kepri, dengan bantuan Inspektorat Daerah dan Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kepri sebagai admin instansi, serta admin penghubung di seluruh OPD Pemprov Kepri.

Baca juga: Penggerebekan Kampung Narkoba di Medan: Polisi Sempat Lepas Tembakan Saat Tangkap 15 Warga

Sosialisasi ini diadakan sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil kinerja yang luar biasa, serta menjadi momentum penyemangat bagi para administrator instansi.

Provinsi Kepulauan Riau berhasil meraih peringkat terbaik pertama dari 38 provinsi di Indonesia, dengan tingkat penyelesaian pengaduan mencapai 99,27 persen. Dari total 273 pengaduan, sebanyak 271 di antaranya telah diselesaikan, sedangkan 2 pengaduan masih dalam proses dan tidak ada pengaduan yang belum ditindaklanjuti.

Dalam acara tersebut, Diskominfo Kepri menghadirkan dua narasumber sebagai pembicara, yaitu Kabid Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri RI, Rega Tadeak Hakim, dan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau, Lagat Parroha Patar Siadari.

Baca juga: Gajah Liar Masuk Pekanbaru, Rusak Kebun dan Rumah Warga

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Sardison atas nama Gubernur Ansar, diungkapkan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat, serta pentingnya menjaga kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Gubernur Ansar mengapresiasi kerja keras semua pihak, di mana koordinasi dan kolaborasi yang masif telah menjaga tingkat kepercayaan publik. Hal ini terbukti dengan penyelesaian semua pengaduan masyarakat. Kami perlu mempertahankan hal ini," ujar Sardison.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kepri, Hasan, menekankan bahwa sosialisasi ini diadakan sebagai pengingat bahwa citra baik Pemerintah Provinsi Kepri dapat terbukti melalui pengelolaan pengaduan masyarakat.

"Melalui SP4N-LAPOR!, pemerintah dapat mengkoreksi kekurangan dalam kinerja dengan lebih efektif, sehingga menjadi faktor positif bagi semua pihak. Dengan respon yang cepat dari admin instansi dalam menanggapi aduan masyarakat, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat. Ini juga merupakan kontribusi masyarakat dalam pembangunan," papar Hasan.

Baca juga: Warga Tulang Bawang Barat Lampung Ramai-ramai Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak

Terakhir, Hasan menjelaskan bahwa semua pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh admin SP4N-LAPOR! di lingkungan Pemprov Kepri, kabupaten, dan kota.

"Ini adalah bukti dari kerja keras rekan-rekan, di mana hasil penilaian ini diperoleh berkat koordinasi yang baik antara seluruh admin penghubung di seluruh OPD, termasuk kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau," jelasnya.

Acara sosialisasi dihadiri oleh para Staf Ahli Gubernur Kepulauan Riau, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri, serta admin SP4N-LAPOR! dari 43 OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews