Effendi Sianipar Ajak Ibu-ibu dan Tokoh Masyarakat di Siak Jaga Empat Pilar Kebangsaan

Effendi Sianipar Ajak Ibu-ibu dan Tokoh Masyarakat di Siak Jaga Empat Pilar Kebangsaan

Anggota DPR RI, Effendi Sianipar, menyoroti pentingnya menjaga empat pilar kebangsaan sebagai pondasi persatuan dan kesatuan saat sosialisasi 4 pilar di Siak.

Siak, Batamnews - Dalam sebuah acara sosialisasi yang dihadiri oleh ibu-ibu dan tokoh masyarakat, Anggota DPR RI, Effendi Sianipar, menyoroti pentingnya menjaga empat pilar kebangsaan sebagai pondasi persatuan dan kesatuan. Empat pilar tersebut adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kegiatan yang berlangsung di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau, pada Rabu (28/6/2023) ini berhasil menyedot perhatian sekitar seratus peserta. Dalam sambutannya, Effendi Sianipar menjelaskan bahwa empat pilar tersebut tidak berdiri sendiri, melainkan saling mendukung dan menguatkan satu sama lain.

“Empat hal yang menjadikan kita menjadikan Indonesia sebagai rumah besar, tempat bernaung dan berteduh serta besar bertumbuh. Yakni, ideologi, semboyan, satu negara dan satu konstitusi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945”, jelas Anggota DPR RI daerah pemilihan Bengkalis, Dumai, Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti, dan Pekanbaru ini.

Baca juga: Sabet Medali Perak, Danish Deandra Dhaifullah Harumkan Nama Riau di Olimpiade Biologi Internasional di Bali

Menurut Sianipar, jika salah satu pilar tidak ditegakkan dengan baik, dampaknya dapat merusak stabilitas bangsa dan negara. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya menjaga dan mempertahankan keempat pilar tersebut dengan segenap tenaga dan komitmen dari semua elemen bangsa.

Proses penegakan pilar-pilar tersebut haruslah dilandasi pemahaman yang komprehensif dan kesadaran yang lahir dari hati nurani.

Hendri Pangaribuan, Anggota DPRD Siak yang juga turut hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan kegembiraannya atas terselenggaranya kegiatan ini. Baginya, kegiatan ini merupakan sarana untuk memperkuat rasa kebangsaan dan juga sebagai pengingat agar masyarakat selalu mewaspadai segala upaya yang dapat memecah belah, mengadu domba, serta memupuk sikap intoleransi dalam keberagaman.

Baca juga: Doa Lengkap Menyembelih Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha

"Indonesia sebagai negara yang beragam tentu rentan terhadap perpecahan. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bagi bangsa Indonesia dalam menjaga keberagaman tersebut. Kita harus menjaga bersama-sama," ujar Hendri Pangaribuan, Anggota DPRD Siak yang mewakili daerah pemilihan Kandis, Sungai Mandau, dan Minas.

Salah satu peserta, Dewi Ratnasari, mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. Baginya, apa yang disampaikan Effendi Sianipar adalah hal yang wajib diterapkan di tengah masyarakat. Ibu rumah tangga tersebut menyambut baik kegiatan tersebut karena memberikan pencerahan dan pengetahuan baru baginya.

"Kegiatan Pak Effendi Sianipar ini sangat bagus. Dapat memberikan pencerahan dan pengetahuan tambahan bagi saya," ungkap Dewi Ratnasari dengan antusias.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews