Kapolda Riau Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebersihan Sungai Kampar: Siap Tangkap Pelaku Pencemaran

Kapolda Riau Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebersihan Sungai Kampar: Siap Tangkap Pelaku Pencemaran

Kapolda Riau meminta warga untuk menjaga kebersihan Sungai Kampar (ist)

Pekanbaru, Batamnews - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menekankan pentingnya menjaga kebersihan Sungai Kampar yang merupakan sumber air baku Instalasi Pengolahan Air Sistem Pengolahan Air Minum (IPA SPAM).

Sungai Kampar menjadi jalur Lintas Kota Pekanbaru-Kabupaten Kampar, sehingga kapolda meminta jajarannya dan masyarakat untuk mencegah pencemaran sungai tersebut.

"Tugas polisi tidak hanya menangkap maling atau menindak pelanggar lalu lintas. Menjaga kemaslahatan umat karena berdampak pada stabilitas keamanan juga merupakan tugas kami," ujar Kapolda Riau kepada wartawan pada Rabu (28/6/2023).

Baca juga: Hujan Tidak Surutkan Antusias Warga Tanjungpinang Borong Daging Ayam untuk Idul Adha

Kapolda juga meminta Kapolres dan jajaran untuk menjaga kebersihan Sungai Kampar agar tidak tercemar, karena hal tersebut dapat berdampak pada kualitas air di IPA SPAM.

"Bagi masyarakat, saya minta mari kita menjaga Sungai Kampar ini dengan baik. Jika ada pelanggaran hukum yang terbukti, segera laporkan dan kami akan tindaklanjuti," tambah Kapolda Riau.

Kapolda juga mengingatkan bahwa Sungai Kampar memiliki kualitas air yang relatif bersih dibandingkan sungai-sungai lain di Provinsi Riau. Oleh karena itu, ia mendorong masyarakat untuk menjaga alam dan hutan agar sungai tetap bersih.

Baca juga: 8 Dosen di Kampar Terluka dalam Kecelakaan Minibus di Tol Pekanbaru-Bangkinang

"Sungai Kampar merupakan sungai yang bersih dengan sumber air alami dari perbukitan yang masih terjaga keasriannya. Mari kita bersama-sama menjaga alam ini," pesan Kapolda.

IPA SPAM Pekanbaru-Kampar memiliki kapasitas 1.000 liter per detik dan akan melayani sekitar 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 rumah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews