Intensitas Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Meningkat, Ditemukan 762 Titik Api

Intensitas Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Meningkat, Ditemukan 762 Titik Api

BPBD Riau mencatat sampai sepanjang bulan Juni ini terjadi peningkatakan kebakaran hutan dan lahan (bpbd riau)

Pekanbaru, Batamnews - Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau dsri 1 Juni 2023 hingga 19 Juni 2023, terjadi kebakaran lahan seluas 565,26 hektare. 

Dengan jumlah titik hot spot tercatat sebanyak 762. Ini tersebar di 12 kabupaten/kota di Riau. Masih dari data BPBD Riau 565,26 hektare lahan yang berhasil di padamkan satgas gabungan di lapangan. 

Berdasarkan informasi yang diterima batamnews.co.id, Sabtu (24/6/2023) dari BPBD Riau  intensitas karhutla di Riau meningkat sekarang ini. 

Baca juga: Prakiraan Cuaca Pekanbaru: Pagi Diselimuti Kabut, Siang Hujan dan Malam Hari Berawan

"Perlu kiranya tambahan water booming sebanyak tiga helikopter. Kita sudah ajukan ke pusat,"sebut Gubernur Riau, Syamsuar kepada wartawan, Sabtu (24/6/2023) 

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Riau, Eko Rahdippa menjelaskan, guna mencegah munculnya titik api baru dan menyebarnya kebakaran, pihaknya melakukan pemantauan langsung ke lapangan 

"Baik melalui darat maupun udara kita patroli. Untuk pemantauan dua heli kopter patroli. Termasuk satu heli kopter water booming, diturunkan," kata Eko 

Baca juga: Natuna, Surga Pulau Eksotis di Timur Laut Pulau Borneo

Untuk proses pemadamaman karhutla di lapangan, jelas Eko,  dilakukan skala prioritas, dari daerah yang mengalami kebakaran. 

"Kita utamakan daerah yang karhutlanya gambut. Tapi, kita tetap lakukan pemadaman dan pendidingan lahan yang terbakar," ujarnya seraya menyetakan, daerah lahan ganbut jika terbakar, cepat sekali penyebarannya


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews