Wawako Amsakar Mendorong Pemasok Sapi Kurban di Batam Patuhi Aturan

Wawako Amsakar Mendorong Pemasok Sapi Kurban di Batam Patuhi Aturan

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mendorong para pemasok sapi kurban untuk patuhi aturan (ist)

Batam, Batamnews - Wakil Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Amsakar Achmad, mendorong seluruh pengusaha dan pemasok sapi untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

Hal ini terkait dengan pengiriman sapi dari luar daerah sesuai dengan Peraturan Kementerian Pertanian (Permentan) Nomor 17 Tahun 2023 yang mengatur tentang lalu lintas hewan, produk, dan media pembawa hewan ternak.

Baca juga: Ibu di Bintan Melaporkan Suami yang Memperkosa Anak Kandungnya

"Kami mengharapkan pengusaha atau penjual sapi kurban untuk membantu kita dengan mematuhi regulasi yang telah ada," ujar Amsakar pada Sabtu (3/5/2023).

Ia juga memastikan bahwa stok hewan kurban, baik sapi maupun kambing, di Batam mencukupi untuk pemotongan menjelang Iduladha 2023. "Kebutuhan hewan kurban terus dipasok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat perayaan Iduladha nanti," katanya.

Amsakar menyayangkan adanya sapi yang masuk ke Batam tanpa prosedur melalui jembatan IV Barelang pada tanggal 30 Mei lalu. Menurutnya, hal ini membahayakan kesehatan masyarakat sebagai konsumen karena pembeli tidak memiliki jaminan terhadap hewan yang beredar di Batam.

Baca juga: Musikalisasi Ajaib: Pertunjukan Arus Listrik di Science Centre Singapura

"Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam, Mardanis, sudah memberi kami laporan mengenai sapi yang masuk Batam tanpa prosedur. Saya sudah menyampaikannya kepadanya agar mengambil langkah-langkah sesuai dengan ketentuan dalam peraturan menteri," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa lokasi pelaksanaan salat Iduladha 1444 tidak akan jauh berbeda dengan lokasi pelaksanaan salat Idulfitri.

"Karena ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan, Insyaallah akan berjalan dengan baik dan lancar. Mungkin yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi cuaca," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews