Pasokan Hewan Kurban untuk Idul Adha di Karimun Terjamin Aman

Pasokan Hewan Kurban untuk Idul Adha di Karimun Terjamin Aman

Ilustrasi sapi kurban.

Karimun, Batamnews - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun telah memastikan pasokan hewan kurban untuk wilayah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), aman untuk Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M.

Hal ini dipastikan setelah Dinas Pangan dan Pertanian melakukan pertemuan bersama pemasok dan peternak di Karimun.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Sukriyanto Jaya Putra menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Karimun akan lebih dulu mengedepankan pasokan hewan kurban dari peternak lokal di Karimun.

Baca juga: Polres Karimun Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan TPPO dan PMI Ilegal

"Hasil pertemuan bersama peternak dan pemasok, kami pastikan ketersediaan untuk Idul Adha nanti aman. Hanya saja, untuk pemenuhannya kita akan menghitung dulu berapa kemampuan pasokan dari peternak lokal, dan ini arahan dari pak Bupati juga, agar kita lebih dahulu untuk memaksimalkan pemenuhan hewan kurban dari peternak lokal," kata Sukri, Jumat (12/5/2023).

Namun, pemenuhan kebutuhan sapi itu nanti akan dibantu dengan pasokan hewan kurban dari daerah-daerah luar, seperti Bintan, Natuna, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dari hitungan kami, peternak lokal Karimun mampu memenuhi 100-150 sapi, selebihnya itu nanti akan diambil dari Natuna, Bintan ataupun NTT," katanya.

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun mencatat bahwa kebutuhan hewan kurban untuk Idul Adha mencapai sekitar 1100 ekor, terdiri dari 400 ekor sapi dan 700 ekor kambing.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews