Hewan Kurban di Batam Dikenakan Karantina Selama 3 Hari untuk Mencegah Penyebaran Penyakit Menular

Hewan Kurban di Batam Dikenakan Karantina Selama 3 Hari untuk Mencegah Penyebaran Penyakit Menular

Balai Karantina Hewan Batam mengkarantinakan selama tiga hari setiap sapi kurban yang masuk ke Batam (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Balai Karantina Hewan Kelas I Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menerapkan karantina selama tiga hari terhadap hewan kurban yang baru tiba di daerah tersebut menjelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriah. Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan penularan penyakit di antara hewan-hewan kurban. 

Baca juga: Jadwal Tiket Ferry dari Batam ke Malaysia: Jadwal Kapal dan Informasi Penting

Tengku Iskandar, Sub Koordinator Balai Karantina Hewan Kelas I Batam, Kamis (11/5/2023) menjelaskan bahwa proses karantina melibatkan penyemprotan disinfektan pada pagi dan sore hari serta penempatan langsung hewan-hewan tersebut ke dalam kandang karantina.

Iskandar juga menegaskan bahwa hewan kurban yang berasal dari zona merah penyakit mulut dan kuku (PMK) harus disertai dengan hasil laboratorium kesehatan hewan. 

Baca juga: Jadwal Kapal Ferry Batam: Rute Singapura Terbaru

"Sapi yang tiba di Batam saat ini dari Kupang, NTT zona hijau PMK dan LSD. Kalau dari Lampung, perlakuan di sana yang paling banyak, hasil laboratoriumnya juga lebih banyak dari daerah asal, setibanya di sini kita karantina tiga hari juga," katanya.
 
Setelah melewati masa karantina selama tiga hari, hewan-hewan kurban akan dilakukan pengujian untuk Brucellosis. 

Baca juga: Aliran Air Mati di Kawasan Batam Center Siang Hari, Belum Ada Tanggapan dari Air Batam Hilir

Iskandar berharap agar tidak ada sapi yang terjangkit PMK dan bahwa hasil laboratorium kesehatan hewan dari daerah asal sudah memenuhi persyaratan sebelum hewan-hewan tersebut dikirim ke seluruh daerah.

"Kami harapkan tidak ada yang kena PMK, sapi yang datang juga langsung port to port. Saya berharap kalau dari Kupang sudah kirim ke seluruh daerah, semua hasilnya baik," ucapnya lagi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews