Prakiraan Cuaca Singapura: Suhu Tinggi dan Malam Hangat dalam Paruh Pertama Juni

Prakiraan Cuaca Singapura: Suhu Tinggi dan Malam Hangat dalam Paruh Pertama Juni

Singapura, menurut perkirakan MET Service, BMKG-nya Singapura dalam dua minggu awal bulan Juni ini diperkirakan bakal panas dan suhu tinggi pada malam hari (ilustrasi)

Singapura, Batamnews - Menjelang paruh pertama bulan Juni, cuaca hangat diperkirakan bakal melanda Singapura dengan adanya kondisi monsun barat daya. Demikian yang diberitakan oleh Meteorological Service Singapore (Met Service) atau BMKG-nya Singapura pada Kamis (1/6/2023).

Met Service mengungkapkan bahwa suhu maksimum pada siang hari dapat mencapai 35 derajat Celsius. Sementara suhu malam hari diperkirakan tetap di atas 29 derajat Celsius, terutama di bagian timur dan selatan Singapura.

Baca juga: Singapura Bersiap Menghadapi Risiko Kabut Asap yang Lebih Tinggi, Siaga Dampak El Nino dan IOD

Dalam peringatan mereka, Met Service menjelaskan bahwa angin rendah di Singapura dan wilayah sekitarnya diperkirakan semakin kuat, berembus dari arah tenggara atau barat daya pada awal Juni 2023. Hal itu seiring dengan berkembangnya musim monsun barat daya di wilayah tersebut.

"Masa monsun barat daya umumnya berlangsung hingga September dan merupakan musim yang cenderung lebih kering dibandingkan dengan periode lain dalam setahun," ungkap Met Service seperti dikutip chanelnewsasia, Jumat (2/6/2023).

Dalam dua minggu mendatang, suhu maksimum harian diperkirakan berada dalam kisaran 33 hingga 34 derajat Celsius sebagian besar hari.

Baca juga: Jadwal Tiket Feri Batam - Singapura untuk Rute Batam Center, Sekupang, Nongsa Pura - Harbourfront

Met Service juga menyampaikan, "Pada satu atau dua hari ketika langit tidak banyak tertutup awan, suhu maksimum harian bisa mencapai 35 derajat Celsius. Selain itu, malam hari juga diperkirakan hangat dan lembab."

"Malam yang hangat biasanya terjadi saat angin dominan bertiup dari arah tenggara atau selatan, membawa udara hangat dan lembab dari laut. Pada malam-malam tersebut, suhu malam diperkirakan tetap di atas 29 derajat Celsius, terutama di wilayah pesisir selatan dan timur pulau ini," tambahnya dalam pengumuman itu.

Baca juga: Peringatan BMKG: Cuaca Ekstrem di Perairan Batam, Waspada Hujan Sedang dan Angin Kencang

Met Service juga memperkirakan curah hujan mendekati rata-rata di sebagian besar wilayah negara ini.

"Dalam dua minggu pertama Juni 2023, diharapkan adanya hujan singkat dan berdurasi pendek di beberapa bagian pulau pada beberapa sore hari. Selain itu, badai Sumatra dapat menyebabkan hujan lebat dan angin kencang di beberapa pagi hari," tambah Met Service.

Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura, Grace Fu, memberikan saran kepada masyarakat agar siap menghadapi cuaca panas dan kering dalam beberapa bulan mendatang.

"Dalam iklim tropis seperti yang kita miliki, meskipun lebih sedikit variabilitas dibandingkan dengan negara-negara dengan iklim sedang, penting bagi warga Singapura untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan," ujar Grace Fu dalam pos Facebook-nya pada Kamis.

"Kita harus mengambil langkah pencegahan selama cuaca panas seperti ini, seperti meningkatkan asupan cairan untuk menjaga kelembapan tubuh, menggunakan pakaian berwarna terang dan berbahan dingin, dan mengatur jadwal aktivitas luar ruangan pada jam-jam yang lebih sejuk. Juga, pastikan untuk memerik


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews