Perhatikan Aturan Saat Liburan di Singapura: Larangan yang Harus Kamu Tahu

Perhatikan Aturan Saat Liburan di Singapura: Larangan yang Harus Kamu Tahu

Ikon negara Singapura Merlion yang kerap dikunjungi wisatawan (Foto: Net)

Singapura, Batamnews - Singapura adalah salah satu destinasi liburan yang menarik, tetapi penting bagi para wisatawan untuk mengetahui aturan dan larangan yang berlaku di negara ini. Singapura dikenal sebagai negara yang menerapkan aturan dengan ketat. Sebelum berlibur ke sana, ada beberapa larangan yang perlu kamu ketahui.

Beberapa aturan yang sering diabaikan oleh para turis adalah sebagai berikut:

  1. Makan dan Minum di Tempat Umum
    Pemerintah Singapura telah menerapkan pembatasan aktivitas luar ruangan, terutama sejak pandemi Covid-19. Meskipun sekarang aturan mengenakan masker sudah sedikit lebih longgar, larangan makan dan minum di tempat umum masih berlaku. Ini berlaku baik bagi penduduk setempat maupun para wisatawan. Melanggar aturan ini dapat mengakibatkan sanksi sosial dan denda.

  2. Membuang Sampah Sembarangan
    Singapura terkenal sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak membuang sampah sembarangan selama berada di Singapura. Jika tidak menemukan tempat sampah, sebaiknya simpan sampahmu terlebih dahulu. Melanggar aturan ini dapat dikenakan denda sekitar 300 SGD atau sekitar 3 juta Rupiah.

  3. Makan Permen Karet
    Makan permen karet di tempat umum juga dilarang di Singapura. Permen karet dianggap sebagai sampah yang sulit dibersihkan, dan pemerintah harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membersihkannya. Jika tertangkap sedang makan permen karet di tempat umum, kamu bisa dikenai denda sekitar 2.000 SGD atau sekitar 21 juta Rupiah.

  4. Menyeberang Sembarangan
    Aturan lalu lintas di Singapura sangat ketat, termasuk untuk pejalan kaki. Dilarang menyeberang jalan sembarangan. Pastikan menggunakan zebra cross atau jembatan penyeberangan yang tersedia. Melanggar aturan ini dapat mengakibatkan denda.

  5. Merokok di Tempat Umum
    Merokok di tempat umum juga dilarang di Singapura. Kamu harus merokok di tempat yang sudah disediakan, dan beberapa tempat merokok di Singapura bahkan berbayar. Rokok tanpa cukai juga akan disita, dan pemiliknya dapat dikenai denda.

  6. Membawa dan Menggunakan Vape
    Penggunaan vape juga dilarang di Singapura. Jika kamu membawa vape ke Singapura, kamu dapat dikenai denda sebesar 10.000 SGD atau sekitar 100 juta Rupiah. Vape yang dibawa juga akan disita dan dimusnahkan.

  7. Melakukan Vandalisme
    Melakukan vandalisme di Singapura, termasuk mencoret-coret tembok umum, sangat dilarang. Melanggar aturan ini dapat mengakibatkan hukuman penjara.

  8. Mengambil Foto Orang Tanpa Izin
    Norma kesopanan di Singapura juga sangat penting. Tidak boleh mengambil foto orang tanpa izin. Jika kamu melanggar aturan ini, kamu bisa dilaporkan ke polisi.

  9. Berbicara Terlalu Keras di Transportasi Umum
    Berbicara terlalu keras di transportasi umum juga tidak diperbolehkan di Singapura. Kamu harus menjaga suara agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

  10. Terhubung ke Jaringan WiFi Orang Lain Tanpa Izin
    Menggunakan WiFi orang lain tanpa izin di Singapura dianggap sebagai tindakan pencurian. Kamu harus menggunakan WiFi yang tersedia secara umum atau di hotel-hotel yang menyediakan WiFi gratis.

  11. Menghalangi Jalan di Tempat Umum
    Tidak boleh menghalangi jalan orang lain di tempat umum. Warga Singapura menghargai waktu dan berjalan dengan cepat. Pastikan kamu tidak menghalangi jalan orang lain.

  12. Membawa dan Memakan Durian Indoor
    Membawa dan memakan durian di tempat tertutup atau indoor dilarang di Singapura. Durian biasanya dikonsumsi di tempat khusus. Jika ingin mencoba durian, sebaiknya makan di tempat yang telah disediakan.

  13. Memberi Makan Hewan Liar di Tempat Umum
    Memberi makan hewan liar di tempat umum, seperti burung merpati, juga tidak diperbolehkan di Singapura. Melanggar aturan ini dapat mengakibatkan teguran atau denda.

Penting bagi para wisatawan untuk mematuhi aturan-aturan ini saat berlibur di Singapura agar dapat menikmati liburan dengan aman dan menyenangkan. Selalu ingat untuk menghormati budaya dan aturan setempat saat mengunjungi negara lain


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews