Pelajaran Berharga dari Malaysia: Ini Syarat Penting agar Messi Main di Laga Indonesia vs Argentina

Pelajaran Berharga dari Malaysia: Ini Syarat Penting agar Messi Main di Laga Indonesia vs Argentina

Lionel Messi akan turun dalam ujicoba pertandingan Argentina vs Indonesia jika rumput lapangan bagus (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Pada tanggal 19 Juni mendatang, Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertanding melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Agenda pertandingan ini telah diumumkan oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) pada Senin (22/5/2023) pagi WIB.

Publik sepak bola Indonesia tentunya berharap agar Argentina bisa membawa Lionel Messi ke Jakarta. Para penonton juga berharap Lionel Messi bisa bermain dalam laga antara Indonesia vs Argentina.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Harga Tiket Timnas Indonesia vs Argentina Diumumkan Senin

Namun, terdapat syarat yang harus dipenuhi agar Messi dapat bermain di pertandingan tersebut. Untuk memenuhi syarat tersebut, Indonesia dapat mengambil pelajaran dari kasus yang terjadi di Malaysia saat kedatangan Messi pada tahun 2013.

Pada waktu itu, Messi datang ke Malaysia bersama Barcelona. Publik tuan rumah sangat bersemangat karena Messi berpeluang bermain dan memperkuat Barcelona melawan timnas Malaysia. Terlebih lagi, Messi terlihat serius saat menjalani latihan satu hari sebelum pertandingan.

Baca juga: PSSI Beberkan Terkait Besaran Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Argentina

Namun, kabar buruk datang saat pertandingan dimulai karena Messi tidak bermain dalam laga Malaysia XI vs Barcelona di Stadion Shah Alam, Selangor pada tanggal 10 Agustus 2013.

Beberapa waktu setelah kejadian tersebut, pemilik klub Johor Darul Ta'zim (JDT), Tunku Ismail, sempat mengungkap rahasia mengapa bintang sepak bola dunia, Messi, tidak bermain melawan timnas Malaysia. Alasannya adalah masalah lapangan yang tidak memenuhi standar internasional.

Baca juga: Erick Thohir Bicara Soal Biaya Mendatangkan Timnas Argentina: "Mengenai Harga, Biarkan Audit yang Berbicara"

"Saya pikir Anda semua mengetahui insiden di mana Barcelona datang ke sini [Kuala Lumpur], Lionel Messi, pemain terbaik di dunia, tidak mau bermain karena kualitas lapangan," kata Tunku Ismail seperti yang dikutip dari Harian Metro.

Tunku Ismail menyatakan bahwa sikap Messi tersebut telah mengajarkan Malaysia untuk segera memperbaiki kualitas lapangan agar sesuai dengan standar pertandingan internasional.

"Insiden itu merupakan pukulan telak bagi kami saat itu dan harus menjadi 'wake up call' bagi kami untuk segera meningkatkan kualitas lapangan," tambah Tunku Ismail.

Baca juga: Timnas Indonesia Pernah Tahan Imbang Argentina dengan Skor 1-1

Sebagai catatan, pada tahun 2013, skuad Barcelona datang ke Malaysia untuk pertandingan persahabatan melawan timnas Malaysia, yang juga dikenal sebagai Malaysia XI. Pada pertandingan tersebut, Barcelona berhasil menang 3-1 atas Malaysia di Stadion Shah Alam.

Namun, suporter tuan rumah merasa kecewa karena Messi tidak turun bermain pada laga tersebut, meskipun sehari sebelumnya bintang Argentina tersebut berlatih di Stadion Shah Alam.

Tapi melihat hasil inspeksi lapangan oleh ofisial Tim Argentina beberapa hari lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, mereka sangat puas dengan rumput stadion. "Perfecto," katanya kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Apakah ini sebuah pertanda, bahwa Messi akan turun dalam pertandingan itu? Smoga saja.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews