Cen Sui Lan dan Menteri PUPR Sepakat Benahi Jalan Lingkar di Pulau Serasan Natuna

Cen Sui Lan dan Menteri PUPR Sepakat Benahi Jalan Lingkar di Pulau Serasan Natuna

Cen Sui Lan bersama Menteri PUPR saat meninjau longsor di Pulau Serasan menggunakan helicopter beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)

Natuna, Batamnews - Cen Sui Lan, juru bicara (Jubir) Kepulauan Riau (Kepri) di DPR RI, berhasil mengajak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melakukan kunjungan ke Pulau Serasan setelah terjadi bencana longsor pada awal Maret 2023.

Kunjungan tersebut tidak hanya berdampak pada pembangunan rumah pengganti korban longsor di Natuna, tetapi juga menghasilkan alokasi dana sebesar ratusan miliar rupiah untuk penanganan jalan di Pulau Serasan.

Kementerian PUPR memberikan restu untuk penyelesaian jalan lingkar di Serasan. Ketika mereka meninjau daerah yang terkena longsor dari helikopter, Cen meminta Menteri Basuki untuk segera meningkatkan anggaran penanganan jalan yang terdampak bencana.

Saat Menteri Basuki melihat kondisi jalan di sana dari helikopter, Cen juga mendesak Kementerian PUPR untuk menyelesaikan jalan lingkar di tapal batas utara Kepri itu.

Baca juga: Pembangunan Rumah untuk Korban Longsor Serasan Mulai Dikerjakan, Warga: Terimakasih Cen Sui Lan

"Sebelumnya, tahun anggaran 2023 sudah mengalokasikan Rp 45 miliar, dan sekarang karena kami (Cen dan Menteri Basuki) meninjau langsung, Ditjen Bina Marga langsung menambahkan anggaran tersebut," kata Cen, Anggota DPR dari Dapil Kepri, pada Sabtu (20/5/2023).

Dia juga mengatakan bahwa Menteri Basuki telah memberikan informasi tentang hal ini. Sekarang, kata Cen, total anggaran penanganan Pulau Serasan untuk tahun 2023 menjadi Rp 95 miliar. Hal ini termasuk penyelesaian jalan lingkar di Serasan.

Ada tiga pos anggaran yang akan digunakan. Pertama, anggaran reguler untuk tahun 2023. Kedua, anggaran darurat untuk penanganan bencana, dan ketiga, anggaran Inpres Jalan.

Untuk pengajuan anggaran Inpres Jalan, setiap proposal harus mendapatkan persetujuan dan rekomendasi dari anggota Komisi V DPR sesuai dengan daerah pemilihan mereka.

Baca juga: Cen Sui Lan Kucurkan Rp 500 Juta Lewat Dana Aspirasi Bangun Jalan Lingkar Dua Desa di Natuna

"Saya memperjuangkan anggaran Inpres Jalan untuk Kepri saat pembahasan, sebagai perwakilan Kepri di DPR," kata Cen, yang merupakan politisi perempuan yang paling populer di partai Golkar.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, pemerintah melalui Kementerian PUPR Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menyetujui tambahan anggaran sebesar Rp 646 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 85,53 kilometer. Terdapat 17 paket usulan penanganan yang disetujui oleh Kementerian PUPR.

Dari 17 paket usulan tersebut, 11 di antaranya diajukan Pemda, 2 usulan melalui aspirasi anggota DPR Dapil Kepri, dan 4 usulan di Serasan, Natuna, arahan langsung Menteri Basuki. Proyek jalan di Serasan menyusul bencana tanah longsor di awal Maret.

Khusus Serasan, total panjang jalan perbaikan 84,72 kilometer dengan anggaran Rp 151 miliar, dengan lokasi mencakup jalan Pantai Sisi, jalan Air Nusa, jembatan Genting, dan jembatan Air Kambau. Kementerian PUPR juga menyetujui 6 paket kegiatan pengawasan untuk 17 paket usulan penanganan jalan tadi, dengan total anggaran Rp 23 miliar. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews