Kerjasama Bilateral TNI AL dan Indian Navy Ditingkatkan Melalui Latihan Bersama di Batam

Kerjasama Bilateral TNI AL dan Indian Navy Ditingkatkan Melalui Latihan Bersama di Batam

Kapal perang India latihan bersama TNI AL di Batam (ist)

Batam, Batamnews - Kapal perang India, INS Kavaratti-P31, telah tiba di Dermaga Batuampar, Kota Batam, Kepulauan Riau pada Minggu (14/5/2023). Kedatangan kapal perang India ini merupakan bagian dari latihan bersama antara TNI AL dan Indian Navy yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama bilateral.

Baca juga: Pendaftaran Caleg Pileg 2024 di Batam Ditutup, 17 Partai Sudah Mendaftar Hingga Hari Terakhir

Latihan tersebut, yang diberi nama Samudera Shakti 23 (SS23), akan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 19 Mei 2023. Sebelum kedatangan INS Kavaratti, KRI Sultan Iskandar Muda-367 (SIM-367) telah tiba lebih dulu sebagai persiapan untuk latihan tersebut.

Penyambutan kapal perang India dilakukan dengan meriah, termasuk acara tarian adat Melayu dan pengalungan kain tenun kepada Komandan INS Kavaratti-P31, Rohit Raymond Kattoju. 

Baca juga: KPK Cegah Pegawai BPK Riau dan Swasta ke Luar Negeri Terkait Kasus Korupsi Bupati Meranti

Komandan KRI SIM-367, Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo, juga hadir sebagai Dansatgas latihan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Latma SS23, di mana kapal di bawah komandonya akan menjadi pelaku utama dalam latihan bersama dengan INS Kavaratti.

Laksamana Pertama Kemas M Ikhwan Madani, Danlantamal IV Batam, menyampaikan bahwa Indonesia dan India memiliki hubungan kerja sama yang kuat dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan.

Latihan bersama seperti ini merupakan bukti konkret dari hubungan dekat antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut India.

Baca juga: Mobil Molen Terjun ke Jurang di Batam, Sopir Terjepit dan Belum Bisa Dievakuasi

Latihan Samudera Shakti-23 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bersama, saling pengertian, dan interoperabilitas antara kedua Angkatan Laut. Selain itu, latihan ini juga menjadi kesempatan untuk pertukaran pengalaman dan peningkatan kemampuan dalam operasi keamanan maritim.

Dengan latihan ini, diharapkan kerjasama dan hubungan bilateral antara Indonesia dan India dapat terus ditingkatkan, khususnya dalam hal pertahanan dan keamanan maritim. Selain itu, latihan bersama ini juga menjadi momentum penting dalam memperkuat sinergi dan kerja sama di antara kedua negara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews