TNI AL Gandeng Galangan Kapal di Batam Buat Dua Kapal Perang Baru

TNI AL Gandeng Galangan Kapal di Batam Buat Dua Kapal Perang Baru

Ilustrasi (Foto: Antara)

Batam - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) menggandeng industri galangan kapal dalam negeri yakni, PT Citra Shipyard yang berada di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), untuk membuat dua kapal perang setingkat KAL dan kapal patroli cepat 40 meter.

"Pembuatan kapal PC 40 dan KAL 28 yang memanfaatkan industri dalam negeri ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan TNI AL," ucap Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda TNI Irwan Isnurwanto, melansir Antara, Rabu (30/11/2022).

"Tetapi juga sebagai langkah nyata dan komitmen TNI AL untuk mensukseskan program pemerintah dalam membangun kemandirian industri pertahanan dan pemanfaatan produk dalam negeri,” sambungnya.

Baca juga: Cen Sui Lan Minta Menteri PUPR Bangun Jalan dan Jembatan Menuju Bandara Tambelan di Bintan

Ia menjelaskan, PT Citra Shipyard merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan dalam negeri yang ditunjuk TNI AL dalam pembuatan kapal perang pada tahun anggaran 2022/2023.

Pembuatan kapal itu kata dia, merupakan bentuk kerja nyata program prioritas Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, dalam penambahan dan pemenuhan armada TNI AL.

"Merupakan bagian penting dalam program modernisasi alutsista yang menjadi salah satu prioritas pembangunan TNI AL," kata dia.

Proses pembangunan kapal ini juga diawasi satuan tugas PC 40 dan Satgas KAL 28 yang didukung oleh bimbingan teknis terkait untuk menjamin proyek pengadaan kapal PC 40 dan Kal 28 dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews