PKS Batam Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU, Target Raih 11 Kursi di Pemilu 2024

PKS Batam Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU, Target Raih 11 Kursi di Pemilu 2024

KPU Batam telah menerima seluruh berkas persyaratan untuk 50 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Jumat (12/5/2023).

Batam, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam telah menerima seluruh berkas persyaratan untuk 50 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Jumat (12/5/2023).

Ketua PKS Batam, Yusuf mengatakan, pengajuan tersebut menunjukkan keseriusan PKS dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang. PKS Kota Batam telah memenuhi semua aturan KPU untuk pengajuan berkas Bacaleg, termasuk syarat keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

"Yang wanita kita memenuhi 30 persen yaitu 19 orang. Jadi apa yang disyaratkan oleh KPU telah kami penuhi. Makanya berkas kami diterima pada hari ini langsung," kata dia usai menyerahkan berkas di Kantor KPU Batam, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: PKS Tanjungpinang Resmi Daftarkan 30 Bakal Calon Anggota DPRD ke KPU

PKS Kota Batam menargetkan perolehan kursi sebanyak 11 pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 nanti, atau dua kali lipat dari jumlah kursi saat ini. Ada beberapa nama baru yang mewakili milenial atau anak muda yang akan mengikuti kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

"Jadi target kita dua kali lipat plus satunya Batuaji, karena Batuaji belum dapat," kata Anggota DPRD Provinsi Kepri ini.

"Bacaleg kita lengkap dari semua usia, milenial. Ada namanya Fadillah, kalau di Sekupang ada namanya Zhafir Ria Saptarika. Kalau di Batam Kota ada namanya Syarif Hidayatullah dan Juniadin," tambah Yusuf.

Baca juga: PKS Tanjungpinang Pilih Hari Jumat Daftarkan 30 Bacaleg DPRD ke KPU, Ismiyati: Semoga Berkah

Dalam kesempatan itu, PKS mengangkat kebudayaan Melayu dengan menghadirkan kesenian kompang, silat dan berbalas pantun sebelum memasuki ruang penerimaan berkas. Selain itu, para Bacaleg PKS juga datang dengan mengenakan pakaian Melayu seperti menggunakan tanjak dan kain songket.

Sekretaris DPD PKS Kota Batam Warya Burhanuddin mengatakan, PKS sengaja mengangkat budaya Melayu sebagai pengiring saat mendaftar ke KPU karena Batam adalah daerah Melayu.

"PKS mengangkat budaya Melayu seperti kompang, kesenian silat dan berbalas pantun untuk meyemerakkan agenda hari ini," ucapnya.

Pendaftaran, kata Warya, diikuti oleh seluruh Bacaleg dari semua daerah pemilihan (dapil). Adapun Bacaleg yang didaftarkan yaitu 31 laki-laki dan 19 perempuan.

"Jadi keterwakilan perempuan sesuai dengan aturannya sudah memenuhi syarat," ujar Warya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews