Disnaker Batam Menggelar Pelatihan untuk 1.300 Pencaker dan Tenaga Kerja

Disnaker Batam Menggelar Pelatihan untuk 1.300 Pencaker dan Tenaga Kerja

Sebanyak 1.300 orang pencari kerja dan tenaga kerja ikut pelatihan yang diadakan Disnaker Batam (ist)

Batam, Batamnews - Sebanyak 1.300 orang telah dinyatakan lolos untuk mengikuti pelatihan berdasarkan unit kompetensi dan pengukuran produktivitas tingkat Kota Batam pada Tahun Anggaran 2023. Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam.

Pelatihan ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Pelatihan bagi Pencari Kerja dan Pelatihan Peningkatan Produktivitas bagi Tenaga Kerja.

Baca juga: Jemput Bola, Bapenda Batam Gelar Roadshow Pembayaran PBB-P2

Untuk pencari kerja, pelatihan mencakup bidang-bidang seperti operator K3 Migas, perakitan komputer, teknik komputer, accounting level 1, bahasa Jepang, las, forklift, gerinda, jasa boga, menjahit, welder, dan lain-lain.

Sementara itu, pelatihan untuk tenaga kerja mencakup bimtek dan sertifikasi di bidang AK3 umum, barista, welder, web development, K3, teknisi, UMKM, dan lain-lain.

Baca juga: WHO Mencabut Status Darurat Covid-19: Ini Respons Kemenkes dan Persiapan Indonesia

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, berharap bahwa pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemko Batam melalui Disnaker Kota Batam dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Batam, baik bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan maupun yang sudah bekerja.

Rudi juga mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah sedang gencar membangun infrastruktur di Kota Batam, seperti jalan utama, bandara, dan pelabuhan, dengan tujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi. 

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi perkembangan ini.

Baca juga: 8 Tips Bijak dalam Membeli Rumah Bekas: Aman, Terpercaya, dan Tanpa Tertipu!

Dalam pembukaan kegiatan pelatihan, Rudi menyampaikan ucapan selamat kepada peserta dan berpesan agar mereka dapat mengikuti pelatihan dengan baik, tidak hanya mengejar sertifikat tetapi juga meningkatkan kompetensi.

"Ikuti pelatihan ini dengan baik, jangan hanya mengejar sertifikat saja tapi juga harus dibarengi dengan kompetensi," kata Rudi.

Baca juga: Imigrasi Karimun Buka Layanan Paspor Simpatik untuk Meningkatkan Kepuasan Publik

Selain itu, Rudi mengungkapkan rencananya untuk menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Batam dan perusahaan-perusahaan yang akan berinvestasi di Batam. Hal ini bertujuan agar tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Rudi meyakini bahwa dengan adanya investasi yang masuk ke Batam, penting bagi SDM untuk mempersiapkan diri sejak sekarang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews