Gubernur Ansar Memimpin Upacara Hardiknas Tahun 2023 di Kepri

Gubernur Ansar Memimpin Upacara Hardiknas Tahun 2023 di Kepri

Batam, Batamnews, Advertorial - Pada Selasa (2/5) yang lalu, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di Lapangan Mega Techno City Batu Besar Nongsa Kota Batam. 

Tema peringatan upacara Hardiknas Tahun 2023 adalah 'Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar' dan diikuti oleh utusan perwakilan pelajar, guru, dan tenaga kependidikan dari tingkat SMA/SMK/SLB se-Kota Batam.

Gubernur Ansar sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudtistek) RI Nadiem Makarim yang mengatakan bahwa dalam dua tahun terakhir, banyak tantangan yang harus dihadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. 

Namun, hari ini, kita telah berhasil mengatasi tantangan tersebut. Gubernur Ansar menambahkan bahwa di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar yang telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia. 

Kurikulum Merdeka yang dimulai sebagai upaya membantu para guru dan murid di masa pandemi terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kurikulum ini kini telah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia, sehingga ratusan ribu anak Indonesia telah belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan memerdekakan. 

Anak-anak tidak lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang digunakan tidak bertujuan untuk menghukum guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar.

Gubernur Ansar menyampaikan bahwa semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi. 

Tahun ini, kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia. Merdeka Belajar merupakan program unggulan dari Kemenbudristek RI yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada setiap peserta didik untuk menentukan jenjang, jalur, dan program pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi masing-masing. Hal ini akan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan bermakna.

Setelah memimpin upacara, Gubernur Ansar menyerahkan sejumlah penghargaan, termasuk Prestasi Siswa-Siswi Tingkat Nasional Tahun 2022, Daftar Nama Industri Mitra SMK yang Berperan Aktif dalam Pengembangan Vokasi SMK di Provinsi Kepri, serta Daftar Peserta Guru Berprestasi Provinsi Kepri. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Kepri Dewi


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews