Bencana Banjir dan Longsor di Agam, Sumbar, Satu Orang Tertimpa Tembok

Bencana Banjir dan Longsor di Agam, Sumbar, Satu Orang Tertimpa Tembok

Banjir dan longsor menerjang Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Agam, Sumbar, Jumat (28/4/2023) sore (covesia)

Agam, Batamnews - Curah hujan yang tinggi pada Jumat (28/4/2023) sore memicu bencana banjir di beberapa titik di Kecamatan IV Nagari Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Belasan rumah terdampak banjir dan longsor di Nagari Batu Kambiang, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Agam pada Jumat sore (28/4/2023).

Baca juga: Polda Riau Mengamankan Nahkoda dan 5 ABK Kapal SB Evelyn Calisca 01 setelah Tenggelam di Perairan Sei Guntung

Kepala BPBD Agam, Bambang Warsito mengatakan, banjir dan longsor dipicu oleh curah hujan yang tinggi.

"Tiga jorong di Nagari Batu Kambiang terdampak," kata Bambang Warsito pada Jumat malam seperti dilansir  infosumbar.

Baca juga: Kapal Speed Boat Evelyn Calisca 01 Berganti Nahkoda Sebelum Terbalik di Pelabuhan Sei Guntung

Bambang menjelaskan, di Jorong Pasar, banjir menggenangi 8 rumah dan di Jorong Alahan Siriah menggenangi 3 rumah dengan ketinggian air sekitar lutut orang dewasa.

"Untuk warga yang terdampak banjir saat ini sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman," ujarnya.

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong Asyik dan Instagramable di Batam di Libur Akhir Pekan

Selanjutnya, curah hujan yang tinggi memicu terjadinya tanah longsor di Jorong Kamparcan. Material lumpur dan pohon kayu menutupi badan jalan sepanjang 35 meter sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda 2 maupun 4.

"Di Jorong Kamparcan, longsor mengenai rumah. Pemilik rumah, Zulkifli, tertimpa runtuhan tembok, tapi hanya mengalami luka ringan. Enam penghuni lainnya, termasuk bayi yang berusia 20 hari, sudah dievakuasi," ujar Bambang.

Untuk penghuni rumah yang terkena longsor di Jorong Kamparcan, Nagari Batu Kambiang, dievakuasi ke rumah orang tua. Pembersihan material longsor akan digorokan besok.

Sementara itu, dikutip dari covesia, Sabtu (29/4/2023), informasi terbaru dari petugas di lapangan menyatakan bahwa di Jorong Pasar dan Jorong Alahan Siriah, air sudah surut dan pembersihan lumpur sisa banjir yang menggenangi rumah warga sudah dilakukan.

Baca juga: Terkini, Gempa Bumi 4,9 Magnitudo Guncang Sinabang, Aceh

Terkait musibah tersebut, pihak BPBD sudah melakukan koordinasi dengan pihak nagari dan kecamatan untuk pendataan serta melakukan assessment dan pendataan Dinas PUTR Agam untuk upaya evakuasi dan penanganan.

"Di Sitanang Kaciak, Jorong Pasar, Nagari Batu Kambiang, untuk pembersihan material sudah dikoordinasikan dengan Dinas PUTR dengan menggunakan alat berat," tutup Bambang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews