Polda Riau Mengamankan Nahkoda dan 5 ABK Kapal SB Evelyn Calisca 01 setelah Tenggelam di Perairan Sei Guntung

Polda Riau Mengamankan Nahkoda dan 5 ABK Kapal SB Evelyn Calisca 01 setelah Tenggelam di Perairan Sei Guntung

Speed Boat SB Evelyn Calisca 01 yang tenggelam di perairan Sungai Guntung Riau (Foto: Batamnews)

Sungai Guntung, Riau - Pada Kamis, 27 April 2023, sebuah kapal bernama SB Evelyn Calisca 01 tenggelam di perairan Sei Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Kini, Polda Riau telah mengamankan Nahkoda dan 5 ABK yang terlibat dalam insiden ini.

Kapal tersebut diketahui hendak menuju ke Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri dari Tembilahan, Provinsi Riau. 

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya mengatakan bahwa keenam orang tersebut masih dalam pemeriksaan. "Saat ini, Nahkoda dan 5 ABK dalam pemeriksaan Polda Riau dan Polres Inhil," ujar Kombes Nandang, Sabtu, 29 April 2023.

Menurut penyelidikan, penyebab kecelakaan kapal terjadi ketika Nahkoda kapal SB Evelyn Calisca 01 melakukan pergantian dan menambahkan 6 penumpang lainnya. "Saat kapal bersandar di Pelabuhan Sei Guntung, Kapal SB Evelyn Calisca 01 menambah 6 orang penumpang dan melakukan pergantian Nahkoda dari Sahrani ke Acok," jelas Kombes Nandang.

Setelah 15 menit dari sandaran, kapal yang dibawa oleh Nahkoda Acok menabrak kayu yang mengapung dan akhirnya terbalik. Kabid Humas Polda Riau menyatakan bahwa masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Sebelumnya, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal menyatakan bahwa akan memberikan tindakan tegas kepada pihak Kapal jika ditemukan adanya unsur melawan hukum atau overload (kelebihan kapasitas) kapal pada insiden Kapal terbalik di Perairan Indragiri Hilir, Kamis, 27 April 2023.

Menurut Irjen Iqbal, dirinya akan melakukan proses hukum jika ditemukan adanya kelalaian dari pihak Kapal. "Bila ada hal yang mengakibatkan perbuatan melawan hukum atau overload akan kita tindak tegas dan proses hukum kepada awak kapal," tegas Irjen Iqbal pada Jumat, 28 April 2023.

Saat ini, pihak berwenang masih melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai insiden ini dan menunggu hasil dari pemeriksaan terhadap Nahkoda dan 5 ABK yang telah diamankan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews