Tips Penting untuk Perjalanan ke Singapura: Hal-Hal yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan Selama Liburan di Negeri Singa

Tips Penting untuk Perjalanan ke Singapura: Hal-Hal yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan Selama Liburan di Negeri Singa

Ada 5 hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Singapura (ilustrasi)

Batam - Bepergian ke luar negeri memang menyenangkan. Namun, ada beberapa kebiasaan atau peraturan lokal yang patut diketahui agar liburanmu berjalan lancar. 

Maka, sebelum bepergian, selain mencari tahu aktivitas menarik, tempat tinggal, hingga kuliner lezat di negara tujuanmu, jangan lupa juga untuk mengetahui apa saja hal yang harus dan tidak boleh kamu lakukan, terutama di negara yang ketat aturan seperti Singapura.

Baca juga: Crazy Rich Indonesia Beli Rumah Seharga Rp 2,3 T di Singapura, Bertetangga dengan Pemilik Facebook

Jika kamu berencana untuk pergi ke Singapura dan ini adalah pengalaman pertamamu, baca dulu sampai habis apa saja yang boleh dilakukan dan tidak selama berada di Negeri Singa ini seperti dilansir travelok.

Hal yang Harus Dilakukan

1. Pahami Istilah "Chope"

Jika kamu berkunjung ke hawker center, jangan heran kalau melihat ada tisu ataupun payung di atas meja kosong. Meski terlihat seperti benda yang tertinggal, sebenarnya ini adalah salah satu keunikan tradisi warga Singapura yang menandakan bahwa meja tersebut sudah ditempati oleh orang lain dan biasanya disebut dengan "chope" atau "memesan". Jadi, sebelum menduduki meja kosong, perhatikan dulu apakah ada benda yang diletakkan di sudut meja atau tidak, ya.

2. Selalu Menggunakan Panggilan Formal

Singapura adalah salah satu negara yang menjunjung tinggi "budaya ketimuran", salah satunya adalah dengan menggunakan panggilan formal. Ketika akan bertanya atau meminta sesuatu, jangan lupa untuk menggunakan Mr., Mrs., atau Miss saat memanggil, ya.

Baca juga: Sama-sama Ekstrem, Ada Kaitan Suhu Panas Terik RI dengan Indeks UV? Ini Faktanya

3. Sisakan Sedikit Makanan Saat Selesai

Kalau di beberapa negara menyisakan makanan dianggap tak sopan, berbeda dengan Negeri Singa. Dengan meninggalkan sedikit sisa makanan, kamu dianggap kenyang dan menyukai sajian tersebut. Sebaliknya, jika piringmu bersih, kamu akan dianggap masih lapar dan ingin menambah porsi makan.

4. Berdiri dan Berjalan di Sisi Kiri

Sebagai salah satu negara dengan tingkat mobilitas tinggi, Singapura menetapkan peraturan untuk berjalan atau berdiri di sisi kiri, terutama saat menggunakan eskalator. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang gerak serta jalan kepada mereka yang sedang terburu-buru. Peraturan ini tak hanya berlaku bagi pejalan kaki, namun juga untuk pengendara kendaraan bermotor.

Baca juga: Shopping Paradise: 5 Mall Terpopuler di Batam yang Bikin Betah Berlama-lama

5. Selalu Siapkan Uang Tunai

Meskipun Singapura adalah negara dengan teknologi maju, kamu tetap perlu membawa uang tunai untuk berjaga-jaga. Dengan uang tunai, kamu akan lebih mudah membeli makanan atau minuman yang terdapat pada vending machine di beberapa area, serta bisa memanfaatkan fasilitas self-laundry yang tersedia di penginapanmu.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

1. Dilarang Mengunyah Permen Karet

Mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, tetapi di Singapura dilarang membawa atau mengunyah permen karet. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya sisa permen karet yang menempel di fasilitas umum seperti kursi, elevator, hingga trotoar. Pelanggaran peraturan ini akan dikenakan denda sebesar S$1.000.

Baca juga: Hari Pertama Kerja Usai Cuti Lebaran, Amsakar Tinjau Layanan Kependudukan dan Kesehatan

2. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Singapura dikenal sebagai negara yang sangat menjaga kebersihan. Oleh karena itu, selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya. Siapa saja yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar S$300 sebagai hukuman.

3. Memberikan Tip Bukanlah Kewajiban

Di Singapura, memberikan tip bukanlah kewajiban karena total tagihan yang kamu bayar di restoran atau tempat lain sudah termasuk pajak. Namun, jika kamu ingin memberi tip, sebaiknya diberikan secara langsung kepada penerima tip.

Baca juga: Jelajahi Lima Desa Wisata Terindah di Kepulauan Riau dan Temukan Keunikan Budaya serta Keindahan Alamnya

4. Dilarang Merokok di Tempat Umum

Di Singapura, dilarang merokok di tempat umum. Pelanggaran peraturan ini akan dikenakan denda sekitar S$1.000. Sanksi ini juga berlaku jika kamu membuang puntung rokok di jalanan.

5. Hindari Menunjuk Seseorang dengan Jari Telunjuk

Di Singapura, hindari menunjuk orang lain dengan jari telunjuk karena gesture tersebut dianggap sebagai perlakuan kasar dan tidak sopan.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan-peraturan tersebut saat berkunjung ke Singapura. Selamat liburan!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews