Tips Mengatasi Pesan WhatsApp Berlebihan Saat Hari Raya Idul Fitri

Tips Mengatasi Pesan WhatsApp Berlebihan Saat Hari Raya Idul Fitri

Pada Hari Raya Idul Fitri ini kita banyak menerima pesan melalui WA, situasi ini bisa membuat memori HP jadi penuh. Berikut tip menghapusnya (ilustrasi)

Batam - Di Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini, pastinya kita dibanjiri kiriman ucapan Lebaran melalui WhatsApp. Ada yang berupa paragraf panjang, ada pula yang disertai gambar atau video. 
Namun, kebanyakan chat WhatsApp dapat mengakibatkan memori HP menjadi penuh. Belum lagi dengan memori dari gambar atau video yang dilampirkan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Tulisan Tebal, Miring dan Terbalik di WhatsApp

Jangan khawatir, sekarang WhatsApp telah memiliki 'fitur tersembunyi' yang dapat menghapus pesan yang sudah terkirim. Fitur tersebut bernama Disappearing Messages dan berfungsi untuk menyembunyikan pesan atau percakapan secara otomatis. Jika fitur ini diaktifkan, pesan yang sudah terkirim ke ruang chat akan terhapus secara otomatis.

Fitur Disappearing Messages juga berguna bagi pengguna yang ingin menghemat kapasitas penyimpanan ponsel, terutama ruang penyimpanan yang habis untuk fail percakapan berukuran besar dari ruang grup WhatsApp atau fail berbentuk gambar dan video.

Baca juga: Potensi Gempa Besar M 8,9 di Segmen Megathrust Mentawai-Siberut, BMKG Catat Terjadi Gempa 6 Kali

Fitur ini bisa diaktifkan secara bawaan dan semua chat yang dikirim akan menghilang sesuai dengan durasi yang telah dipilih. Perusahaan juga menambahkan opsi baru untuk membuat pesan menghilang pada grup. Namun, fitur tersebut bersifat opsional serta tidak mengubah apa pun yang sudah ada sebelumnya.

WhatsApp menambahkan dua durasi baru untuk pesan menghilang yaitu 24 jam dan 90 hari, selain opsi 7 hari yang sudah ada sebelumnya. Untuk mengaktifkan fitur Disappearing Messages, pengguna dapat membuka Pengaturan atau Setelah WhatsApp, klik Akun, Privasi, dan Timer pesan default. Terakhir, pilih durasi. Jika opsi tidak ada, pengguna harus memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Baca juga: Bea Cukai Batasi Aturan Pendaftaran IMEI di Pelabuhan Batam, Berikut Persyaratannya

Saat fitur aktif, maka ada notifikasi tentang hal tersebut di chat agar lawan bicara mengetahuinya. Sekarang, Anda dapat menghapus ucapan Lebaran secara otomatis sebelum memori HP Anda penuh.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews