Waspada, Kenali Ciri-ciri WhatsApp Disadap

Waspada, Kenali Ciri-ciri WhatsApp Disadap

Ilustrasi WhatsApp disadap orang lain (dok, Pikiran Rakyat Tasikmalaya)

Jakarta - Popularitas WhatsApp sebagai aplikasi chatting membuat platform ini menjadi sasaran pihak yang tidak bertanggung jawab. Informasi penting seperti pesan teks, video, foto, rekaman audio, dan file lainnya bisa menjadi target para pelaku yang ingin membajak akun pengguna.

Namun, pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir, karena mereka bisa mengetahui ciri-ciri penyadapan dan pembajakan yang terjadi pada akun mereka. Pengguna harus waspada dan memahami ciri-ciri yang dapat menunjukkan adanya pelanggaran keamanan.

Ini merupakan peringatan bagi para pengguna WhatsApp untuk selalu memperhatikan keamanan akun mereka dan memahami cara mengatasi masalah keamanan.

Ciri Whatsapp Disadap dan Dibajak

1. Kode OTP

Bila Anda pernah mengalami momen menyebalkan seperti tiba-tiba akun WhatsApp logout sendiri, lalu menerima SMS kode OTP, maka patut curiga. Bisa jadi ada orang lain yang mencoba mengakses akun kalian.

Pastikan kalian tidak memberikan OTP yang telah diterima kepada siapapun. Kode tersebut berguna untuk memberikan akses agar orang lain bisa mengambil alih akun WhatsApp kalian.

2. Pesan Telah Terbaca

Nah ciri WhatsApp disadap dan dibajak juga bisa diketahui dari pesan yang kita terima. Jika kalian merasa belum membuka chat yang baru masuk, tapi ternyata sudah terbuka dan terbaca, maka itu menjadi salah satu cirinya.

3. Tiba-tiba Mengirim Pesan Sendiri

Tanda lain yang bisa diketahui, yakni tiba-tiba mengirim pesan ke orang lain. Padahal kalian merasa tidak pernah mengirim chat tersebut.

 

4. Notifikasi yang Aneh

Perlu diketahui bahwa satu akun WhatsApp, tak bisa digunakan pada dua ponsel berbeda dalam waktu bersamaan. Jika kalian memasukkan akun yang sama di perangkat berbeda, maka secara otomatis di ponsel satunya akan logout.

Lalu nantinya bakal muncul notifikasi 'Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.'

Nah jika mengalami hal ini, pastikan kalian mempertahankan keberadaan akun di ponsel yang saat itu sedang digunakan.

5. Cek WhatsApp Web

Bagi yang belum tahu, kalau melalui WhatsApp Web bisa mengetahui jumlah perangkat yang terhubung. Caranya dengan klik tiga titik di pojok kanan atas aplikasi saat membukanya di ponsel, dan kemudian cukup pilih WhatsApp Web.

Kemudian akan ada informasi soal perangkat mana saja yang terkoneksi. Jika dirasa ada perangkat yang tidak dikenal, bisa langsung remove saja.

Cara Mencegah WhatsApp Disadap dan Dibajak

Langkah untuk mengamankan akun WA agar tidak disadap oleh orang lain yang tidak diinginkan adalah dengan verifikasi dua langkah yang harus dilakukan.

• Klik opsi titik tiga di kanan atas

• Setting > Account > Two Step Verification

• Klik Enable

• Masukkan enam kode rahasia yang anda pilih

• Masukkan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa

Ada baiknya mengaktifkan pemindai sidik jari. Sehingga tidak semua orang bisa mengakses akun WhatsApp kamu, caranya sebagai berikut:

• Klik opsi titik tiga di kanan atas

• Klik Privasi

• Klik kunci sidik jari

• Aktifkan

• Pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari mereka

• WhatsApp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews