7 Tips Mengatasi WhatsApp Lemot yang Bisa Dicoba

7 Tips Mengatasi WhatsApp Lemot yang Bisa Dicoba

Ilustrasi.

Jakarta - Komunikasi zaman sekarang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, salah satunya melalui WhatsApp. Tapi, berkomunikasi melalui WhatsApp sering terkendala, salah satunya ketika aplikasi chat populer ini lemot.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir jika ini terjadi. Yuk simak 7 tips mengatasi WhatsApp lemot berikut ini.

1. Restart Ponsel

Cara yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi WhatsApp lemot adalah dengan cara melakukan restart ponsel. Dengan cara ini, ponsel akan lebih 'segar', karena data yang sudah tidak terpakai akan dibersihkan secara otomatis dan membuat kinerja sistem operasi menjadi lebih ringan.

Cara merestart ponsel sangat mudah. Tinggal menekan tombol restart pada ponsel untuk mematikan dan menyalakannya lagi.

2. Hapus Data di Ponsel dan WhatsApp

Data yang terlalu banyak di ponsel menyebabkan ruang penyimpanan menjadi cepat penuh sehingga membuat WhatsApp lemot. Karenanya, kamu bisa menghapus data yang sudah tidak digunakan, atau memindahkan data tersebut ke perangkat lain.

Selain menghapus data di ponsel, kamu bisa menghapus data di WhatsApp. Caranya, sortir dan pilih data apa saja yang akan dihapus, lalu tekan hapus secara permanen. Apabila data-data tersebut sangat penting, kamu bisa memindahkannya ke perangkat lain.

3. Hapus Cache dan Bersihkan RAM Ponsel

Cache yang menumpuk dapat mengakibatkan ruang penyimpanan menggunung dan berpengaruh pada performa HP. Untuk menghapus cache, buka halaman setelan atau settings, kemudian pilih aplikasi WhatsApp.

Setelah itu pilih 'storage usage', lalu akan muncul penggunaan cache. Kemudian pilih 'clear cache'. Agar WhatsApp makin lincah, cek juga secara berkala RAM dan bersihkan.

4. Instal Ulang WhatsApp

Solusi mudah lainnya untuk menghindari WhatsApp agar tidak lemot adalah dengan cara menginstal ulang. Pertama, kamu uninstall aplikasi WhatsApp, kemudian install kembali dan ikuti petunjuknya.

5. Update WhatsApp

Sesekali kamu bisa mengecek apakah WhatsApp di HP sudah update atau belum. Karena, ada beberapa ponsel yang langsung mengupdate secara otomatis, ada juga yang tidak. Dengan mengupdate WhatsApp, kamu bisa memperbarui fitur-fitur baru dari WhatsApp.

Cara untuk mengupdate WhatsApp bisa kamu lakukan dengan cara membuka aplikasi Google Play Store atau App Store. Kemudian ketik 'WhatsApp', jika ada pilihan untuk update, klik pilihan tersebut untuk mengupdate WhatsApp.

6. Optimalisasi SIM Card

Memiliki dua SIM Card menyebabkan WhatsApp lemot karena sering gonta-ganti memakai WhatsApp dari dua SIM Card tersebut. Jadi, disarankan kalian tidak melakukannya ya. Lebih baik kamu menggunakan SIM Card yang nomornya sesuai dengan akun WhatsApp kamu.

7. Ganti gadget

Kondisi ponsel yang sudah lama juga dapat mempengaruhi performa WhatsApp. Kalau untuk yang satu ini, apa boleh buat, satu-satunya cara mengatasinya yaitu dengan mengganti ponsel dengan yang lebih kompatibel.

Itu dia 7 cara mengatasi WhatsApp agar tidak lemot yang bisa kamu coba. Sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp dengan lancar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews