7 Kuliner Khas Batam yang Wajib Kamu Cicipi Sebelum Pulang dan Dijadikan Oleh-oleh

7 Kuliner Khas Batam yang Wajib Kamu Cicipi Sebelum Pulang dan Dijadikan Oleh-oleh

Kue Tepung Gomak salah satu kue tradisional khas Melayu (internet)

Batam - Sebagai kota yang populer di Provinsi Kepulauan Riau, Batam memiliki beragam atraksi wisata yang menjadi incaran banyak wisatawan. Selain berburu barang elektronik, mencicipi kue khas Batam adalah kegiatan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Batam. Berikut adalah 7 kue khas Batam yang wajib dicicipi dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Baca juga: Mengintip Keunikan dan Keindahan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam, Kepulauan Riau

1. Kue Batang Buruk

Jangan lewatkan kue batang buruk jika kamu berkunjung ke Batam. Meskipun namanya kurang enak didengar, kue ini akan meleleh di mulutmu begitu kamu mencicipinya. Meski kue ini termasuk kue tradisional zaman dulu, kebersihannya tetap dijamin karena dibuat dengan proses yang higienis. Kue ini juga menjadi kue wajib di perayaan Idul Fitri.

2. Bingka Bakar

Kue tradisional lain yang terkenal di Batam adalah bingka bakar. Kue ini sangat populer sehingga banyak toko yang menjualnya sebagai oleh-oleh. Kue ini dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, santan, dan gula. Tersedia juga varian rasa seperti cokelat, wijen, dan buah-buahan.

Baca juga: Ribuan Umat Muslim di Karimun Sambut Idul Fitri dengan Pawai Takbir Keliling

3. Kue Tepung Gomak

Kue tepung gomak berasal dari daerah Melayu dan bagian luarnya dilumuri dengan kacang hijau yang dihaluskan. Kue ini juga dijadikan oleh-oleh Batam dan sering dijadikan menu sarapan, sajian saat hajatan, atau makanan camilan. Kue ini dibuat dari tepung pulut putih atau tepung ketan dan ditambah dengan kacang hijau, gula pasir, gula merah, kelapa parut, garam, dan air.

4. Luti Gendang

Luti gendang merupakan kue yang menjadi cemilan khas Batam. Kue ini seperti roti tapi diisi dengan ikan yang telah dibumbui rempah-rempah. Rasanya yang unik dan gurih membuat kue ini menjadi favorit di kalangan warga Batam.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Natuna, Ada Masjid Mirip Taj Mahal India

5. Kue Apem Selong

Kue Apem Selong berasal dari daerah Lombok dan dibawa ke Batam oleh para pendatang dari Lombok. Kue ini terbuat dari bahan beras ketan dan gula kelapa yang dipadukan dengan pandan dan daun suji yang memberikan aroma khas. Kue ini disajikan dalam bentuk bulat dengan tekstur yang kenyal.

6. Kue Lapis

Kue lapis Batam terbuat dari tepung terigu, telur, santan, dan gula yang diwarnai dengan pewarna alami dan disusun menjadi lapisan. Kue ini memiliki tampilan yang menarik dan rasa yang manis, sehingga cocok sebagai oleh-oleh atau sebagai camilan.

Baca juga: Menelusuri Pesona Tempat Terkenal di Batam

7. Kek Pisang Vila
 
Kue ini cocok untuk mereka yang suka makanan manis. Namanya Kek pisang villa. Kue khas Batam ini selalu menjadi buruan para wisatawan ketika mereka datang berkunjung ke Batam.

Kek Pisang Villa, sesuai namanya, memang berbahan dasar pisang. Sementara nama "villa" merupakan nama daerah yang menjadi lokasi pertama kue ini dijual. Kue ini sudah dijual semenjak tahun 2006.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews