7 Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Daerah Indonesia

7 Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Daerah Indonesia

Indonesia memiliki banyak tradisi unik saat lebaran, salah satu tradisi itu di Pontianak, Festival Meriam Bambu

Batam - Indonesia memiliki beragam suku bangsa dan budaya yang tersebar di seluruh wilayahnya. Oleh karena itu, Indonesia memiliki banyak tradisi unik, salah satunya adalah tradisi lebaran. Tradisi ini sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya dan dirayakan dengan cara khas daerah masing-masing. Berikut adalah 7 tradisi lebaran yang unik di berbagai wilayah Indonesia:

Baca juga: Warga Indonesia di Malaysia Berbondong-bondong Mudik Lewat Pelabuhan Feri Pasir Gudang

Mudik: tradisi ini dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang merantau. Tradisi mudik menjadi kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara tercinta.

Takbiran: takbiran adalah simbol kemenangan umat Islam setelah menjalankan puasa ramadan selama satu bulan. Takbiran biasanya dilakukan pada malam hari sebelum Hari Raya Idul Fitri dan dapat diramaikan dengan berbagai cara, seperti takbir keliling menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki.

Baca juga: Imigrasi Catat Peningkatan Tajam Jumlah Kedatangan Internasional ke Batam

Meriam Karbit: festival ini dilakukan di Kota Pontianak setiap malam takbiran. Tradisi ini mengingatkan warga tentang sejarah dan makna keberanian dan semangat kebersamaan.

Baraan: tradisi ini berasal dari daerah Riau, yaitu Bengkalis. Baraan adalah tradisi di mana masyarakat melakukan kunjungan ke tetangga secara beramai-ramai. Saat mengadakan baraan biasanya diawali dengan pembacaan doa terlebih dahulu.

Tradisi Tari Topeng Muaro Jambi: tradisi ini dilakukan sebagai bentuk perayaan Hari Raya Idul Fitri. Topeng yang digunakan terbuat dari kulit labu manis tua yang kemudian dihias dengan menggunakan cat berwarna-warni serta ijuk yang diletakan di atas kepala.

Baca juga: Bintang K-Pop Moonbin Meninggal Dunia pada Usia 25 Tahun

Nyembah Belari: tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Tambelan, Kecamatan Bintan, Kepulauan Riau, terutama oleh anak-anak usia sekolah dasar. Nyembah Belari adalah tradisi untuk menghormati dan meminta restu kepada orang tua dan kakek nenek.

Tradisi Rangkaian Bunga Rampai: tradisi ini berasal dari daerah Bali dan Lombok. Rangkaian bunga rampai terdiri dari bunga-bungaan dan daun-daunan yang disusun dengan rapi dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rangkaian bunga rampai dapat diberikan sebagai hadiah kepada keluarga atau orang yang dihormati pada saat lebaran.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews