7 Aplikasi Penting yang Harus Diunduh untuk Persiapan Mudik Lebaran 2023

7 Aplikasi Penting yang Harus Diunduh untuk Persiapan Mudik Lebaran 2023

Google Maps salah satu aplikasi wajib yang dimiliki para pemudik lebaran

Batam, Batamnews - Sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba, dan tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman sudah tak bisa dihindari. Namun, pasca pandemi Covid-19 kemacetan lalu lintas arus mudik dikhawatirkan semakin parah. Untuk itu persiapan mudik harus dilakukan secara matang agar perjalanan menjadi lancar.

Baca juga: Polda Sumbar Terapkan Jalur Satu Arah Bukittinggi-Padang Selama Lebaran 2023, Berikut Jalur Alternatifnya

Selain persiapan fisik, seperti mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa, juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan kendaraan. Tak kalah penting adalah memiliki aplikasi mobile pendukung untuk menemani perjalanan mudik. 

Berikut adalah 7 aplikasi yang wajib diunduh untuk persiapan mudik Lebaran 2023:

Google Maps: Aplikasi navigasi besutan Google ini sangat wajib diunduh. Google Maps menyediakan informasi terkait situasi lalu lintas dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan, serta informasi mengenai tempat-tempat istirahat, restoran, pengisian bahan bakar, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Lik Khai Bakal Undang Ahli, Komisi I Agendakan Hearing dengan Moya, BP Batam dan Masyarakat

Waze: Jika kurang puas dengan Google Maps, Waze bisa menjadi alternatif. Aplikasi navigasi ini juga menyajikan data mengenai kepadatan lalu lintas dan lokasi kemacetan di sepanjang perjalanan.

NTMC TV: Aplikasi milik Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ini berguna untuk memonitor lalu lintas saat perjalanan mudik. NTMC TV dapat membantu para pemudik untuk mengantisipasi dan mempersiapkan diri menghadapi kemacetan di sepanjang jalur mudik, serta dilengkapi dengan fitur Video on Demand untuk memantau jalur mudik secara langsung melalui video.

Baca juga: Alat yang Bisa Digunakan untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Hibrida Hari Ini

JMCare: Aplikasi buatan PT. Jasa Marga TBK ini dapat digunakan untuk mengawasi jalur dan arus mudik lebaran Idul Fitri 2023. Fitur Smart Assistance pada aplikasi JMCare akan membantu para pemudik dalam menemukan jalur tercepat untuk mencapai tujuan, serta menyediakan fitur panggilan mobil derek.

Travoy: Aplikasi penunjang dari Jasa Marga ini terkoneksi dengan CCTV yang terpasang di sepanjang jalan tol. Dengan menggunakan Travoy, para pemudik dapat memantau jalur atau kemacetan yang mungkin terjadi dalam perjalanan mereka menuju kampung halaman.

Baca juga: 5 Tips Memilih Baju Lebaran yang Sesuai dengan Budaya Tanjungpinang

Traveloka: Platform booking tiket pesawat, kereta api, dan bus ini juga menyediakan informasi terkait pilihan moda transportasi yang bisa digunakan para pemudik, serta menyediakan promo-promo menarik untuk memudahkan perjalanan.

SATUSEHAT Mobile merupakan transformasi dari aplikasi milik pemerintah, PeduliLindungi. Dengan aplikasi ini, pemudik dapat mempelajari aturan perjalanan dan menunjukkan sertifikat vaksin bila dibutuhkan.

Selain itu, aplikasi SATUSEHAT Mobile yang didesain sebagai aplikasi layanan kesehatan terintegrasi juga bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terdekat jika terjadi suatu hal di tengah-tengah perjalanan mudik.

Dengan mengunduh dan memanfaatkan aplikasi-aplikasi di atas, diharapkan perjalanan mudik Lebaran 2023 bisa lebih lancar dan nyaman. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews