Pemkab Lingga Raih Opini WTP 6 Kali Berturut Sejak 2018

Pemkab Lingga Raih Opini WTP 6 Kali Berturut Sejak 2018

Bupati Lingga, Muhammad Nizar menerima langsung Opini WTP dari BPKP Kepri. (Foto: Istimewa)

Lingga, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Opini WTP tersebut diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepri, Jariyatna pada paripurna penyampaian hasil pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten/Kota se-Kepri yang dilaksanakan di Kantor BPK Kepulauan Riau, di Kota Batam, Rabu (12/4/2023).

Pada penyampaiannya, Jariyatna menegaskan bahwa BPK Republik Indonesia sangat mendukung pelaporan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

"Selamat kepada peraih opini WTP dan terimakasih telah bekerjasama dengan BPK dalam pemeriksaan LKPD 2022 dengan waktu yang lebih cepat dari ketentuan," kata Jariyatna memberikan apresiasi.

Baca juga: Tinggalkan NasDem, Wabup Neko Wesha Pawelloy Resmi Pimpin Perindo Lingga

Lebih jauh, dia menekankan beberapa poin secara garis besar dalam pemeriksaan tahun 2022 adalah pengelolaan pajak dan retribusi daerah yang belum termanfaat secara optimal seperti pajak reklame, pajak restaurant, pajak mineral logam dan bebatuan, retribusi kepelabuhanan, realisasi persoalan perjalanan dinas, pekerjaan kontraktual dengan pengadaan barang jasa terkait volume dan ketepatan waktu.

"Kepada Bupati/ Walikota dan jajarannya di daerah untuk segera melaksanakan tindak lanjut rekomendasi LHP selama jangka waktu 60 hari," tegas dia.

Sementara Bupati Lingga, Muhammad Nizar yang menerima langsung LHP BPK tersebut, menyampaikan opini WTP tahun ini merupakan prestasi yang ke-6 kali yang diraih Kabupaten Lingga, terhitung sejak 2018 secara berturut-turut.

Penghargaan itu, atas hasil kerja kolaborasi antara Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan seluruh perangkat daerah.

Baca juga: Dentuman Meriam Bambu yang Mulai Menghilang saat Bulan Ramadan di Lingga

"Terimakasih kepada seluruh OPD yang terkait, terkhususnya Badan Pengelola Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) Kabupaten Lingga dan Inspektorat selaku leading sektor dalam upaya penyajian laporan keuangan dan koordinasi serta supervisi selama pemeriksaan dari BPK," papar Nizar usai menerima LHP BPK.

Dia berharap prestasi ini menjadi momentum kebanggaan bersama yang patut dipertahankan. Dalam pengelolaan keuangan daerah, Kabupaten Lingga sudah menunjukkan hasil, karena terciptanya tranparansi, akuntabilitas dan subtansi pengelolaan keuangan daerah yang baik.

“Dengan adanya penghargaan ini harus jadi motivasi bagi kita agar terus bekerja lebih baik lagi dalam mengelola keuangan daerah dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tambah Nizar.

Selain itu, Nizar juga mengapresiasi kerjasama yang baik antara BPKAD dan seluruh OPD dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dalam mengelola keuangan daerah dengan transparan dan akuntabel. Dia juga mengingatkan agar rekomendasi yang diberikan oleh BPK segera ditindaklanjuti dalam waktu 60 hari sesuai dengan ketentuan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews