MV Gembira Kembali Layani Rute Tanjungpinang dan Antar Pulau di Lingga Sebelum Lebaran

MV Gembira Kembali Layani Rute Tanjungpinang dan Antar Pulau di Lingga Sebelum Lebaran

Ilustrasi

Lingga, Batamnews - Tidak berlayarnya kapal ferry MV Gembira dan MV Arena tujuan Tanjungpinang-Pancur, Kabupaten Lingga, sejak beberapa waktu belakangan sempat dikeluhkan Camat Katang Bidare, Kimat Awal. Pasalnya, keberadaan ferry yang menyinggahi sejumlah pulau di wilayah kecamatannya itu sangat dibutuhkan masyarakat.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubuhan (Dishub) Lingga, Hendri Efrizal melalui Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut, Amir mengatakan bahwa kedua kapal tersebut masih dalam tahap pemeliharaan atau docking.

"Kami juga telah menghubungi pihak operator secara lisan. Dan saat ini mereka tengah melakukan pemeliharaan. Untuk MV Gembira 5, tinggal menunggu teknisinya saja. Mereka sudah tahap untuk pemasangan AC. Jadi menunggu teknisinya yang agak lama," kata dia kepada Batamnews, Selasa (11/4/2023).

Baca juga: Camat Minta MV Gembira Kembali Singgahi Tiga Desa di Katang Bidare Jelang Lebaran

Sementara untuk MV Arena II, Amir juga mengungkapkan hal serupa. Namun, diperkirakan akan lebih lama proses pemeliharaannya, karena kapal tersebut akan di cat ulang.

"Untuk Arena II akan dilakukan proses pengecatan. Jadi untuk cat ini mereka masih menunggu hari betul-betul panas. Karena kan kondisi saat ini cuaca sering hujan juga," ujar dia.

Namun demikian, Amir memastikan ferry MV Gembira akan kembali beroperasi sebelum Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Baca juga: Camat Minta Kapal Feri MV Lintas Kepri Rute Daik-TPI Singgahi Senayang

"Jadi kami terus berkoordinasi dengan pihak operator. Mudah-mudahan sebelum lebaran ini sudah bisa beroperasi. Karena ini adalah momen buat mereka juga," sebutnya.

Dengan kondisi demikian, ia pun berharap khususnya untuk masyarakat Katang Bidare dapat menggunakan jasa ferry MV Oceana yang menyinggahi Pulau Benan. Pasalnya, untuk Pulau Benan masih disinggahi MV Oceana rute Tanjungpinang-Tanjung Buton.

"Iya, jadi masyarakat di wilayah Katang Bidare dapat menggunakan MV Oceana, karena kapal ini singgah di Benan. Kalau untuk MV Gembira dan Arena, setelah mereka kembali berlayar nanti, akan tetap singgah di wilayah Katang Bidare, seperti Pulau Bukit dan Pulau Duyung," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews