Kebutuhan Uang Kartal Selama Ramadan dan Idulfitri di Kepri Capai Rp 1,9 Triliun

Kebutuhan Uang Kartal Selama Ramadan dan Idulfitri di Kepri Capai Rp 1,9 Triliun

Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri di Batam. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Kebutuhan uang kartal untuk 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau selama bulan Ramadan dan Idulfitri 2023 diperkirakan mencapai Rp 1,9 triliun. 

Kebutuhan tersebut meningkat 11,76 persen dibandingkan realisasi 2022 yang sebesar Rp 1,7 triliun. Peningkatan ini ditetapkan berdasarkan angka asumsi makro dan tren realisasi tahun-tahun sebelumnya. 

“Selain itu, perkiraan peningkatan kebutuhan hang disebabkan oleh adanya pencabutan status PPKM oleh pemerintah, pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilitas masyarakat pada momen mudik lebaran,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Suryono, Senin (27/3/2023). 

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri juga memastikan kebutuhan uang kartal bagi masyarakat, baik secara jumlah maupun pecahan, selama periode Ramadhan dan Idulfitri 2023 dapat terpenuhi. 

Selama periode Ramadhan dan Idulfitri 2023, kebutuhan uang secara nasional diperkirakan meningkat menjadi sebesar Rp 195 triliun, naik 8,22% dibandingkan realisasi tahun 2022 yang sebesar Rp 180 triliun. 

“Pada tahun ini, akan terdapat 5.066 kantor bank/titik layanan penukaran yang tersebar di seluruh Indonesia, meningkat 8% jika dibandingkan tahun 2022 sejumlah 4.689 titik layanan,” katanya. 

Untuk memastikan kebutuhan uang periode Ramadhan dan Idulfitri 2023, secara nasional Bank Indonesia menyelenggarakan kegiatan bertajuk SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri) 2023. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai 3 (tiga) hal, yaitu pemenuhan kebutuhan uang, mencakup Kecukupan kebutuhan uang untuk masyarakat melalui perbankan dengan jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, dan dalam kondisi yang layak edar.

Lalu, terlaksananya layanan kas berupa pelaksanaan layanan penukaran uang bagi masyarakat berupa kas keliling, penukaran bersama Bank Indonesia dan perbankan, serta pelayanan penukaran uang di kantor-kantor perbankan.

Serta edukasi dan komunikasi yang berisi kegiatan berupa edukasi untuk meningkatkan awareness masyarakat terkait dengan Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah selama bulan Ramadhan.

Bank Indonesia Provinsi Kepri bersinergi dengan perbankan menyelenggatakan dengan perbankan menyelenggarakam SERAMBI 2023 Kepri yang diluncurkan, Senin (27/3/2023). 

“Selama periode Ramadhan dan Idulfitri 2023, masyarakat dapat mengakses layanan pemenuhan kebutuhan uang kartal sampai dengan tanggal 20 April 2023,” kata dia. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews