https://www.batamnews.co.id

BI Kepri Siapkan Rp 4,5 Triliun untuk Penukaran Uang Jelang Lebaran

Ilustrasi.

Batam - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) provinsi Kepulauan Riau menyiapkan uang kartal sebesar Rp 4,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang di Kepri pada bulan Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 2019. 

“Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 68% dari tahun 2018 yang mencapai Rp 2.694.385.318.000,00,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri, Fadjar Majardi , Sabtu (18/5/2019). 

Untuk mendistribuskan uang sampai ke tangan masyarakat, Kantor Perwakiian Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan perbankan di Batam, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, dan Natuna.

Baca: BI Kepri Layani Penukaran Uang Baru untuk Lebaran, Ini Jadwal dan Lokasinya

Kerja sama itu dalam bentuk pembukaan kas titipan, yaitu penitipan uang Bank Indonesia ke PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Tanjungpinang, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Tanjung Balai Karimun dan PT Bank Riau Kepri di Natuna. 

Masyarakat di Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun dan Natuna yang akan menukarkan uang sesuai dengan kebutuhannya dapat menukarkannya di bank-bank yang berlokasi di ketiga daerah tersebut. 

Sedangkan masyarakat Kepulauan Riau yang lain. pemenuhan kebutuhan uang dilakukan oleh perbankan melalui jaringan kantor bank masing-masing dan Kantor Perwakilan Bank lndonesua Provinsi Kepulauan Riau melalui kas keliling yang dilakukan secara regular. 

“Penukaran yang dilakukan bersama perbankan merupakan salah satu wujud kegiatan untuk mengimplementasikan pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang pasal 22, yang mengatur tentang bagaimana masyarakat dapat memperoleh Iayanan penukaran uang di wilayah NKRI,” katanya. 

Sementara itu, layanan penukaran uang sedang berlangsung dilakukan oleh BI bersama dengan 11 perbankan.

(ret)