Begini Cara GBI Kepri Cegah Persebaran Wabah Covid-19

Begini Cara GBI Kepri Cegah Persebaran Wabah Covid-19

Pengurus GBI Kepri berdoa bersama sebelum kegiatan disiinfeksi di sejumlah gereja. (Foto: Koko/batamnews)

Batam - Badan Pekerja Daerah (BPD) Gereja Bethel Indonesia Provinsi Kepulauan Riau bahu membahu terjun ke tengah masyarakat untuk ikut serta menanggulangi penyebaran virus Covid-19.

Pendeta George Rudi selaku Sekretaris BPD Kepri mengatakan pihaknya bersama sejumlah sudah menyusun sejumlah program untuk ikut menahan laju perkembangan virus ini.

Sejumlah langkah telah mereka jalankan. Seperti pengadaan alat-alat penyemprotan disinfektan, pembuatan cairan disinfektan dan hand-sanitizer secara konvesional.

Kemudian rekruitmen tenaga relawan dari pemuda-pemuda gereja GBI, melaksanakan kegiatan disinfeksi langsung dan pendataan ringan gejala-gejala awal Covid-19 di gereja-gereja GBI serta pembagian cairan disinfektan.

"Dalam waktu dekat, kami akan mengadakan pelatihan pembuatan cairan disinfektan untuk seterus diharapkan gereja lokal dapat melanjutkan sendiri di gereja masing-masing," ujar Rudi kepada Batamnews, Sabtu (28/3/2020).

Rudi menambahkan, program lanjutan Pelmas BPD Kepri GBI adalah bekerjasama dengan semua lembaga aras dan elemen Kristen.

Pihaknya juga menyalurkan bantuan bagi tenaga medis di garis depan seperti APD, masker dan alkes lainnya. GBI mengutus tim relawan GBI bekerja sama dengan Pokja Kecamatan untuk melakukan pendataan masyarakat yang memiliki gejala awal Covid-19.

"Termasuk memfungsikan Pelmas sebagai pos tanggap darurat GBI bekerjasama dengan PDGBI BPD Kepri untuk membantu dan memberikan konsultasi serta pengawasan terhadap warga jemaat dengan gejala awal Covid-19," tambahnya.

Rudi menuturkan, kegiatan ini semata-mata karena panggilan untuk dapat memberi sumbangsih kepada bangsa dan daerah pelayanan.

"Sehubungan wilayah kerja BPD Kepri berada di perbatasan langsung dengan negara tetangga, maka aksi ini harus segera dilaksanakan, karena setiap harinya akan menjadi sangat penting, sebab itu dimulai hari ini 27 Maret 2020, dengan pembiayaan swasembada dari para Gembala GBI di BPD Kepri," terang Rudi

Selain itu lanjut Rudi, Pelmas bersama pengurus lainnya langsung mengambil tindakan sesuai program cepat tanggap Covid-19, yaitu penyemprotan disinfektan dan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di beberapa gereja GBI Kecamatan Sei-Beduk.

"Besok dilanjutkan di dua kecamatan sekaligus, yaitu Batuaji dan Sagulung. Tiga Kecamatan ini menjadi prioritas BPD karena di anggap sebagai daerah dengan potensi risiko penyebaran tinggi. Kegiatan diharapkan terus berlangsung secara merata di seluruh gereja-gereja GBI, sehati kita tanggap Covid-19," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews