Bank Indonesia Kepri Edukasi Guru-guru di Batam soal Uang Baru

Bank Indonesia Kepri Edukasi Guru-guru di Batam soal Uang Baru

ToT Bank Indonesia kepada guru-guru di Batam mengenai uang rupiah kertas baru. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Bank Indonesia meluncurkan uang Rupiah Tahun Emisi (TES) 2022, belum lama ini. Edukasi kepada publik terkait uang baru ini terus dilakukan.

Seperti halnya Training of Trainer (ToT) kepada Guru SD dan SMP se-Kota Batam yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau baru-baru ini.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran serta guru-guru yang ada di Kota Batam, dalam menyebarluaskan pesan mengenai Cinta Bangga Paham Rupiah kepada masyarakat luas.

“Serta juga meningkatkan awareness terhadap Rupiah di kalangan anak didik,” ujar Kepala Tim Implementasi Sistem Pembayaran, Taufik Ariesta, dalam siaran pers yang diterima Batamnews, Senin (19/9/2022). 

Baca: Kapan Masyarakat  Bisa Tukar Uang Rupiah Kertas Baru? Ini Penjelasan Bank Indonesia

Edukasi ini bertujuan agar masyarakat terutama guru-guru yang ada di Batam dapat selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang. 

Taufik mengatakan masyarakat sebaiknya selalu teliti terhadap citi keaslian uang rupiah, dengan cara dilihat, diraba dan diterawang. 

Selain itu, masyarakat juga sebaiknya selalu memperlakukan dan merawat rupiah dengan baik melalui 5 J yaitu jangan dicoret, jangan disetepler, jangan diremas, jangan dibasahi dan jangan dilipat. 

“Dengan semakin masifnya Edukasi CBP (Cinta, Bangga, dan Paham) Rupiah di berbagai kalangan masyarakat diharapkan masyarakat semakin memiliki kesadaran terhadap peran dan fungsi Rupiah secara menyeluruh,” kata dia.

Baca: BI Luncurkan Uang Rupiah Kertas Terbaru Tahun Emisi 2022 

Sebelumnya pada tanggal 18 Agustus 2022, Bank Indonesia meluncurkan Uang Rupiah Kertas tahun emisi 2022, bertepatan dengan momentum peringatan hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia. 

Peluncuran uang Rupiah kertas ini merupakan wujud nyata Bank Indonesia untuk menyediakan uang rupiah yang semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggan bersama sebagai salah satu simbol kedaulatan negara Indonesia.

Adapun, Uang Rupiah TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp 10.000, Rp5.000, Rp 2000, dan Rp 1000, dengan tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia.
 

(ret)