NgoBJak, Cara Jaksa di Karimun Ajak Warga Diskusi soal Hukum

NgoBJak, Cara Jaksa di Karimun Ajak Warga Diskusi soal Hukum

Ngobrol Bareng Jaksa yang digelar Cabjari Karimun di Moro bersama warga. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Kalangan jaksa di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau memberikan ruang bagi masyarakat berkonsultasi masalah hukum.

Ruang diskusi itu bertajuk Ngobrol Bareng Jaksa Karimun atau NgoBJaK yang digelar Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Karimun di halaman kantor camat lama di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Moro.

Melalui program NgoBJaK itu, jaksa mengajak masyarakat mengenal dan mengerti hukum. Sehingga, masyarakat yang selama ini belum memahami penanganan hukum, dapat mengerti jika berhadapan dengan hukum.

Kacabjari Moro, Haryo Nugroho mengatakan, program NgobjaK itu merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Kejari Karimun yang rutin dilaksanakan.

"Program NgoBJaK ini bertujuan untuk mengajak masyarakat mengenali hukum. Kami mengajak masyarakat berdiskusi terkait permasalahan hukum, kami juga ingin masyarakat untuk bisa melek tentang hukum dan mengingatkan untuk menghindari perbuatan yang melanggar hukum," ujar Haryo.

Baca: Malam Minggu, Polres Karimun Patroli Skala Besar

Selain konsultasi masalah hukum, tujuan lain diadakannya NgoBJaK ini juga untuk menjalin silahturahmi dan sinergitas antara Cabjari Moro dengan unsur pimpinan kecamatan lainnya dan juga masyarakat.

Tak hanya itu, Cabjari Moro juga menggandeng UPT Puskesmas Moro untuk memberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat. 

Pemeriksaan gratis tersebut berupa cek tensi, kolesterol, gula darah dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Kegiatan NgoBJaK juga dimeriahkan dengan musik akustik yang dimainkan oleh musisi-musisi muda asal Kecamatan Moro.

"Kami sengaja merangkul anak-anak muda yang hobi bermain musik agar ikut andil dalam kegiatan NgoBJaK ini. Alhamdulillah mereka punya alat musik dan kita latihan bareng kemudian tampil bersama dalam acara," sebutnya.

Dalam kegiatan NgobjaK tersebut pihaknya sengaja menggandeng institusi vertikal lainnya di Kecamatan Moro untuk hadir bersama-sama dalam memberikan sosialisasi pelayanan dari masing-masing institusi.

Baca: Imigrasi Karimun Permudah Layanan Bikin Paspor untuk Jemaah Calon Haji

Kegiatan itu juga menyediakan stand ekspo kepada perwakilan institusi vertikal, dimana kegiatan tersebut untuk memberikan ruang kepada masyarakat agar lebih mendekatkan diri sesuai dengan tupoksinya masing-masing tuturnya.

"Kegiatan NgoBJak itu menyediakan makanan gratis untuk masyarakat. Yang disediakan dari masing-masing lembaga vertikal, Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan desa se-Kecamatan Moro, serta lembaga-lembaga perbankan. Masyarakat dipersilakan menikmati makanan dan minuman yang telah disediakan," tuturnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews