Tradisi Kenduri Kampung, Bersihkan Hari Sambut Bulan Suci Ramadan di Karimun

Tradisi Kenduri Kampung, Bersihkan Hari Sambut Bulan Suci Ramadan di Karimun

Kenduri Kampung Sehidang Setalam dalam menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah tahun 2023 di Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Aliansi Boedak Balai Bersatu Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), menginisiasi gelaran Kenduri Kampung Sehidang Setalam dalam menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah tahun 2023.

Kegiatan dilaksanakan di Halaman Kediaman Bupati Karimun, Sabtu (18/3/2023), sangat kental dengan nuansa adat dan tradisi budaya Melayu.

Helat Kenduri Kampung itu, juga berkaitan erat dengan tradisi dan agama dalam menyambut bulan Suci Ramadan. Serta memperkuat jalinan silaturahmi antar masyarakat.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bahwa Kenduri Kampung sehindang setalam masyarakat Karimun yang diinisiasi para pemuda yang ingin melaksanakan doa bersama, mengirimkan doa arwah, mensucikan hati dalam menyambut bulan suci Ramadan.

“Secara tersirat, kegiatan ini mempunyai makna yang mendalam untuk meningkatkan jalinan kebersamaan bagi setiap komponen,” kata Bupati Rafiq.

Diantaranya adalah membangkitkan semangat untuk selalu bersatu, selalu ingat akan sejarah dan selalu bisa berterima kasih kepada para pendahulu, dan pada Allah SWT.

Bupati Rafiq juga mengungkapkan tradisi Kenduri Kampung ini akan tetap menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan, dengan tujuan memperkuat ingatan sejarah yang bernilai religius.

"Kegiatan Kenduri Kampung sehidang setalam ini merupakan kegiatan tahunan yang akan diselenggarakan kita semua melalui APBD Karimun yang kita anggarkan setiap tahun," ujar Bupati.

Sehingga, dengan diagendakan setiap tahunnya dalam menyambut bulan suci Ramadan, akan menjadi kegiatan religius, bahkan pengenalan adat dan budaya di Karimun.

"Ini bisa menjadi kegiatan religius dan wisata yang akan terus kita kemas dan evaluasi dengan baik. Sebelumnya kegiatan seperti ini sudah rutin dilaksanakan, hanya saja dalam perhelatan yang lebih sederhana," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews