Kronologi Kapal Keruk Eks PT Timah Terbakar di Karimun Usai Dilelang

Kronologi Kapal Keruk Eks PT Timah Terbakar di Karimun Usai Dilelang

Kapal keruk bekas milik PT Timah Terbakar. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Kapal keruk timah Bangka I terbakar di Pelabuhan Sikumbang, Prayun, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Kamis (16/3/2023) lalu. Kapal tersebut ternyata kapal eks PT Timah yang sudah dilelang ke pihak lain yakni PT Teguh Sukses Sejahtera.

 

PT TSS sendiri menjelaskan kebakaran terjadi saat aktivitas pemotongan plat besi saat penambalan di kapal itu.

Koordinator Lapangan PT TSS, Gunawan mengatakan api yang awalnya membakar karet di lantai sulit untuk dipadamkan.

Baca juga: Kapal Keruk eks PT Timah Terbakar Usai Dilelang

"Sewaktu pemotongan plat, percikan api mengenai karet yang ada di lantai, sehingga menimbulkan kebakaran. Memang kondisi lantai kapal itu dilapisi karet, agar kru yang ada di atasnya tidak terjatuh, lantaran lantainya banyak berlobang,” kata Gunawan, Jumat (17/3/2023).

Pihaknya sempat kesulitan untuk mencari kapal pemadam laut saat peristiwa. Saat itu 11 pekerja diatasnya dievakuasi.

"Ada sekitar setengah jam tanpa penanganan karena kesulitan kita mendapatkan kapal pemadam laut. Namun kita dikoordinasikan lagi hingga pemadam laut Asia Merak tiba di lokasi. Yang pasti kita fokus dulu selamatkan mereka yang ada di kapal," katanya.

Baca juga: Tingkatkan Keterampilan Pemuda Karimun, PT Timah Salurkan Bantuan ke BLK Cipta Mandiri

Kepemilikan eks Kapal Keruk Bangka I, resmi menjadi milik PT TSS setelah dinyatakan sebagai perusahaan pemenang lelang yang dilaksanakan KPKNL Batam pada Desember 2022 lalu.

"Kita dinyatakan sebagai pemenang. Proses lelang waktu itu diikuti oleh perusahaan seluruh indonesia, sekitar 20 hampir 30 peserta dan itu resmi,” ucapnya.

Dijelaskannya bahwa proses pelelangan kapal buatan tahun 1960 itu dilakukan secara online.  "Mengikuti proses lelang kemarin melalui online,” ujarnya lagi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews