Fokus Tangani Bencana, Pemko Batam Usulkan Pembentukan BPBD

Fokus Tangani Bencana, Pemko Batam Usulkan Pembentukan BPBD

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengusulkan pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sebelumnya Batam tidak memiliki perangkat daerah untuk menanggulangi bencana.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mengatakan, usulan pembentukan BPBD ini melalui Ranperda Perubahan Kedua Perda Kota Batam Nomor 10 tahun 2016 tentang susunan perangkat daerah.

“Selama ini memang Batam belum memiliki BPBD, makanya mau kita usulkan,” kata Jefridin usai menghadiri paripurna, Rabu (9/3/2023).

Namun untuk menanggulangi bencana di Batam, ia mengakui bahwa di bawah Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) melalui bidang pemadam dan penanggulangan bencana.

Baca juga: Detik-Detik Tragis Tanah Longsor di Kampung Genting Serasan

Akan tetapi keberadaan bidang ini dinilai kurang efektif. Sehingga harus dilakukan evaluasi, dengan pembentukan dinas tersendiri.

"Ada sebenarnya bidang pemadam dan penanggulangan bencana. Harusnya bidang ini yang memiliki data mitigasi bencana dan penanggulangan. Karena kurang optimal makanya kami usulkan penambahan satu badan khusus," jelasnya.

Menurut Jefridin, bencana di Batam masih skala kecil, yaitu berupa puting beliung, banjir, dan longsor. Meskipun begitu, pembentukan badan khusus tersebut sudah sangat diperlukan.

Terutama ketika cuaca ekstrem beberapa waktu lalu, puncaknya telah ada satu korban meninggal dunia akibat tertimbun longsor.

Baca juga: Tower Pemancar di Serasan Sedang dalam Perbaikan 

Terkait penanganan longsor tersebut juga menjadi catatan, karena penanganan dari pemerintah terbilang lamban. Masyarakat mengevakuasi korban hanya dengan alat seadanya.

Sementara itu, Kadis Damkar saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut mengaku belum mendapat informasi. Jefridin mengungkapkan hal tersebut menjadi catatan dalam evaluasi, dan pembinaan ASN.

"Ada bidangnya, kalau Kadisnya tidak tahu, mungkin dia tidak baca. Kemarin sudah dibantu warga, namun memang tidak tertolong," jelasnya.

Ia berharap dengan terbentuknya Panitia Khusus (Pansus) Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK), pembentukan badan atau dinas baru ini bisa segera terwujud.

"Sementara ini akan kami optimalkan bidang yang ada di Damkar. Jadi ke depan penanggulangan bencana di sana dulu. Namun demikian kami tetap berharap Batam jauh dari bencana," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews