Dishub Batam Akan Terapkan Jam Parkir di Kawasan Greenland

Dishub Batam Akan Terapkan Jam Parkir di Kawasan Greenland

Rambu larangan parkir di Kawasan Greenland. (Foto: Juna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Apa guna rambu larangan parkir, namun tak dipatuhi? Hal itu lah yang terjadi di sepanjang jalan di kawasan Greenland, Batam Center. Jalan yang baru dilebarkan tersebut hanya menjadi tempat parkir. Jika biasanya mobil-mobil parkir paralel, kini kendaraan mulai parkir berjejer.

"Pelebaran jalan kayaknya untuk jadi tempat parkir aja. Biasa lah belum ada aturan tegas. Kadang ada penertiban parkir oleh Dishub sama Satpol PP, tapi ya formalitas aja. Saya heran di situ ada rambu larangan parkir, namun ga terlalu dipedulikan pengendara. Lagian mau parkir dimana lagi ye kan?"  sebut Rianto, salah seorang pekerja di kedai makanan di ruko bilangan Greenland kepada Batamnews, Kamis (16/2/2023)

Dari pantauan Batamnews, di pinggir jalan memang banyak mobil yang terparkir berjejer. Memang, kawasan tersebut hingga kini tak miliki lahan parkir yang luas. Bahkan ada sebagian ruko yang tak menyediakan tempat parkir bagi pengunjung.

Baca juga: Parkir Liar di Greenland Membandel, Salim: Kalau Ada Jukir Minta Uang Parkir itu Pungli

Dinas Perhubungan (Dishub) Batam beberapa kali menderek paksa kendaraan yang parkir sembarang di lokasi tersebut. Namun sepertinya pengendara tak terlalu peduli.

Kepala Dishub Batam, Salim menyebut, pihaknya mengusulkan dua rencana yang akan diterapkan untuk mengentaskan masalah parkir di kawasan Greenland. Yakni penerapan jam parkir dan marka khusus parkir.

"Sudah kami usulkan. Jadi sekarang ini tunggu persetujuan dari atasan (Wali Kota)," katanya, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Jangan Sembarang Parkir di Jalur Pesepeda, Dishub Batam Rancang Aturan 

Selain itu, Dishub juga akan melakukan evaluasi yang akan melibatkan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) dan pihak kepolisian.

"Marka khusus parkir akan dibuat untuk tidak mengganggu arus lalu lintas. Begitu juga dengan jam parkir yang akan kita terapkan segera. Ini tentunya melibatkan pihak kepolisian dan Bina Marga," kata dia.

Upaya penertiban parkir liar ini memang sudah sering dilakukan. Terbaru, Dishub telah mengarahkan para juru parkir di Greenland agar dapat mengimbau para pengendara untuk parkir di tempat yang diperbolehkan.

 

Ia turut menyesali tindakan dari para pemilik kendaraan yang parkir asal-asalan. Bahkan semakin banyak mobil yang parkir liat setelah pelebaran jalan yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

"Kami sudah pasang rambu larangan parkir. Tapi tetap saja kejadiannya masih seperti itu. Maka dengan ini kami juga mengimbau agar para pengguna kendaraan untuk dapat mengerti apa yang selama ini harusnya diindahkan," pungkas Salim. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews