Cen Sui Lan Perjuangkan 10 Unit Bus Sekolah dan 50 Bus Umum untuk Batam

Cen Sui Lan Perjuangkan 10 Unit Bus Sekolah dan 50 Bus Umum untuk Batam

Cen Sui Lan menyerahkan usulan pengadaan bus untuk Kota Batam kepada Menhub. (Foto: Istimewa)

Batam, Batamnews - Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan menyebut bahwa pada tahun anggaran 2023 ini akan ada pengadaan 10 bus angkutan sekolah ditambah 50 bus angkutan transportasi umum untuk Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Penyedian puluhan unit bus tersebut bertujuan untuk melayani kebutuhan pelajar dan masyarakat di Kota Batam.

“Insya Allah, pada tahun 2023 ini, 10 bus sekolah dan 50 bus transportasi umum untuk Kota Batam,” sebut Cen Sui Lan, Rabu (15/2/2023) siang.

Ia bahkan telah menyerahkan usulan pengadaan puluhan unit bus untuk Kota Batam tersebut kepada Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja (Raker) antara Komisi V DPR RI, Rabu (15/2/2023).

Baca juga: Cen Sui Lan Salurkan Beasiswa PIP untuk 1.300 Pelajar Tanjungpinang Tahun Ini

Turut hadir dalam Raker Komisi V DPR RI ini, Menteri PUPR yang diwakili Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahardian, Kepala Basarnas, Marsekal Madya Hendry Apiandi, Kepala BMKG Prof Dr Dwikorita Karnawati dan Kakorlantas Mabes Polri.

Cen Sui Lan mengusulkan tentang pengadaan 50 bus transportasi umum untuk masyarakat Kota Batam. Serta 10 unit pengadaan bus untuk sekolah-sekolah, guna melayani transportasi para siswa Kota Batam.

Terutama siswa-siswa yang berasa di daerah hinterland (pesisir). Selain itu, Cen Sui Lan juga membahas pengadaan lampu traffic light di seluruh Kota Batam dengan Budi Karya Sumadi.

Sebelum menyampaikan usulan ke Menhub, Cen Sui Lan sudah menerima usulan pengadaan bus sekolah dan bus transportasi umum tersebut dari Muhammad Rudi Wali Kota Batam, pada tanggal 7 Februari 2023 pekan lalu.

 

Usulan Wali Kota Batam itu dituangkan dalam Surat nomor 87.500.11.1/2/2023 tentang Usulan pengadaan sarana dan prasarana transportasi darat Kota Batam.

Dalam surat usulan tersebut dijelaskan, permohonan bus transportasi umum itu sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan, menata dan memenuhi kebutuhan angkutan umum massal di Kota Batam.

“Usulan dari Pak Rudi Wali Kota Batam itu, langsung kita bahas untuk dianggarkan pada tahun anggaran 2023 ini,” ungkap Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menjelaskan, sebelumnya, secara informal usulan itu sudah dibahas, ketika melakukan peninjauan kapal roro KMP Bahtera Nusantara 03 di Telaga Punggur Batam bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi, Komjen Pol Hendro Sugiatno Dirjen Hubdat Kemenhub dan Wali Kota Batam M Rudi.

Ketika itu, Menhub Budi Karya Sumadi dan Komjen Hendro Sugiatno meminta kepada M Rudi Wali Kota Batam, untuk segera menghadap dan membuat usulannya. Kemudian, langsung meminta M Rudi untuk meminta rekomendasi dari Anggota DPR RI, Cen Sui Lan.

“Saya langsung buatkan rekomendasinya. Dan Rabu (15/2/2023) hari ini, saya bahas bersama Pak Budi Karya Sumadi dan Pak Hendro Sugiatno Dirjen Hubdat tentang usulan tersebut, untuk dialokasikan pada tahun anggaran 2023 ini,” jelas Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan mengharapkan, dengan pengadaan 50 bus besar transportasi itu dapat melayani seluruh masyarakat Kota Batam. Sehingga pemerintah dapat melayani masyarakat menggunakan transportasi bus ini dengan biaya murah. Begitu juga dengan pengadaan 10 bus sekolah itu.

“Ini salah satu tanggung jawab saya bersama Wali Kota Batam, untuk melayani masyarakat Kota Batam,” ujar Cen Sui Lan yang juga Dewan Kehormatan PSMTI Kepri ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews