Dialami Nunung Srimulat, Ini Perubahan pada Payudara yang Patut Dicurigai Kanker

Dialami Nunung Srimulat, Ini Perubahan pada Payudara yang Patut Dicurigai Kanker

Nunung Srimulat (detikom)

Jakarta - Komedian Nunung Srimulat baru-baru ini mendapat kabar dirinya didiagnosis mengidap kanker payudara. Nunung menjelaskan jika dirinya awalnya menemukan benjolan di bagian tubuhnya semenjak lama.

Namun karena tak mengganggu aktivitasnya, Nunung merasa jika benjolan tersebut hanyalah benjolan biasa yang tidak berbahaya. Namun semakin lama benjolan tersebut mengganggu dan ia mulai curiga karena memiliki genetik kanker dari orang tuanya.

"Awalnya saya diemin tapi kok ganggu, di ketiak makin gede sampai bawa tas saja udah nggak kuat. Akhirnya dokter cek terus dia curiga karena ada turunan akhirnya harus USG dan mamografi itu dulu," katanya saat berbincang di kanal Youtube MOP Channel, dikutip Jumat (3/2/2023).

Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara, Kondisi yang Diidap Nunung Srimulat

Kanker payudara merupakan keganasan pada jaringan payudara. Sejak beberapa tahun terakhir, kanker payudara masih menjadi kanker yang paling banyak diidap wanita Indonesia.

Spesialis kanker dr Walta Gautama, SpB(Onk) dalam buku Kenali dan Hadapi Kanker Payudara menyatakan keterlambatan diagnosis kanker payudara sangat berpengaruh pada keberhasilan pengobatan.

"Deteksi dini kanker payudara memiliki tingkat kesembuhan 95 persen dengan biaya pengobatan yang tidak terlalu besar. Deteksi dini kanker payudara dilanjutkan dengan terapi yang tepat sangat penting dalam manajemen kanker payudara," ujar dr Walta.

Baca juga: KPAI Prihatin Anak Nunung Di-bully di Sekolah sampai Pindah Sekolah

Salah satu gejala kanker payudara adalah perubahan pada payudara. Berikut perubahan pada payudara yang patut dicurigai kanker.

Benjolan pada Payudara

Adanya benjolan adalah gejala yang paling sering pada kanker payudara. Benjolan ini biasanya terasa keras dan tidak bergerak.

Seringkali benjolannya tidak disertai dengan rasa nyeri. Kanker biasanya hanya mengenai satu payudara

Perubahan pada Kulit Payudara

Kulit di sekitar payudara dapat berwarna kemerahan dan kadang terdapat cekungan seperti lesung pipit di kulit payudara.

Pada keadaan lanjut, cekungan pada kulit payudara ini semakin meluas dan banyak sehingga kulit payudara tampak seperti kulit jeruk purut.

Perubahan pada Puting Payudara

Luka pada puting susu yang tidak sembuh dalam 6 bulan apalagi bila disertai dengan perubahan kulit payudara menjadi gejala kanker payudara. Selain itu perubahan ini juga dibarengi dengan keluarnya cairan dari puting berwarna merah atau coklat.

Selain itu puting yang tadinya normal menjadi tertarik ke belakang. Kulit puting terasa kering, gatal, berubah warna, serta terasa adanya benjolan di balik puting.

Bila ditemukan tanda-tanda di atas seringkali kanker sudah berada dalam stadium lanjut. Segera ke dokter bila:

* Ada benjolan

* Keluar cairan putih dari puting bukan pada masa menyusui

* Rasa tidak nyaman dan berbeda pada puting payudara
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews