6 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui Wanita

6 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui Wanita

Ilustrasi.

Jakarta - Kanker terbentuk akibat pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal dan akhirnya berubah menjadi sel kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Oleh sebab itu, kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang. Seperti halnya kanker payudara yang paling dikhawatirkan para wanita. Anda dapat mendeteksi kanker payudara dari beberapa gejala di bawah ini, seperti:

1. Terdapat Benjolan Keras

Seperti yang dilansir dari Health, benjolan keras tersebut merupakan gejala kanker yang paling umum, tetapi semua benjolan bukan berarti Anda menderita kanker. Kepala ilmuan ilmiah dari Breast Cancer Research Foundation (BCRF), Dorraya El-Ashry, PhD, mengatakan bahwa beberapa perubahan bisa bersifat sementara, tetapi jika benjolan itu bertahan selama lebih dari satu siklus periode harap kunjungi dokter Anda.

2. Kulit Payudara Tak Berwarna

Menurut ahli onkologi bedah dan kepala bedah payudara di Miami Cancer Institute, Amerika Serikat, Jane Mendez, MD, gejala ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia 60-an tahun dan merupakan gejala dari jenis kanker payudara inflamasi. Dalam hal ini Anda juga harus memeriksa kesehatan tubuh untuk memastikan ada atau tidaknya sel kanker.

3. Salah Satu Payudara Menyusut

"Kadang-kadang ketika ada tumor di salah satu payudara, tumor tersebut dapat menarik kulit dan ligamen sehingga menyebabkan penyusutan," kata dr. Mendez. "Terlebih lagi banyak jaringan payudara adalah lemak, kanker memakan lemak tersebut," lanjutnya.

4. Keluarnya Cairan Lain dari Puting Susu

Satu-satunya cairan yang keluar dari puting susu adalah air susu ibu. Jika yang keluar adalah keputihan disertai dengan darah, pastikan Anda langsung menemui dokter karena keputihan tersebut juga dapat disebabkan oleh banyak kondisi.

5. Benjolan Terasa Nyeri

Berdasarkan yang dilansir dari The List, jika mengalami rasa sakit atau nyeri pada payudara Anda bisa jadi merupakan tanda bahaya bahwa terdapat sesuatu yang serius terjadi pada tubuh Anda. Hal ini terasa berbeda dengan rasa sakit yang mungkin biasa Anda rasakan sebelum atau selama menstruasi.

6. Perubahan Kontur, Suhu, atau Tekstur Payudara

Perubahan pada payudara, seperti kontur, suhu, atau tektur bisa menjadi salah satu gejala dari jenis kanker payudara radang. National Cancer Institute menjelaskan bahwa kanker payudara radang merupakan jenis kanker yang langka, tetapi agresif. Oleh karena itu, jika Anda menemukan gejala tersebut, sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews