Ciri-ciri Kanker Payudara, Kondisi yang Diidap Nunung Srimulat

Ciri-ciri Kanker Payudara, Kondisi yang Diidap Nunung Srimulat

Nunung Srimulat. (Suara.com)

Jakarta - Nunung Srimulat mengaku stres setelah divonis mengidap kanker payudara. Penyakit itu baru diketahui olehnya baru-baru ini, di tengah usahanya dalam mengobati penyakit yang ia miliki sebelumnya.

Kepada Ruben Onsu di kanal YouTube MOP Channel, Nunung mengungkapkan dirinya sudah rutin memeriksakan diri setiap bulan ke dokter untuk penyakit yang ia idap. Namun, tiba-tiba ada sakit baru yang didiagnosa oleh dokter.

Ada kanker payudara. Ya pasti saya sedih, saya sedih tapi saya nggak boleh marah," ungkap Nunung, dikutip Kamis (2/2/2023).

Komedian itu saat ini sudah melakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan tubuh untuk memeriksakan kondisi kanker tersebut. Ia juga sudah menjalani pemeriksaan berupa pengambilan foto kondisi paru-parunya untuk melihat penyebaran dari penyakit mematikan tersebut.

Kanker payudara merupakan jenis kanker paling banyak diidap oleh wanita Indonesia. Direktur Jenderall Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu melaporkan, kasus kanker payudara di Indonesia tercatat sebanyak 60-an ribu. Kemudian disusul oleh kanker serviks atau leher rahim.

"Indonesia kanker payudara dan kanker leher rahim merupakan dua kanker yang terbanyak, jumlah kasusnya 65.858 atau 18,6 persen untuk kanker payudara. Dan 36.633 untuk kanker leher rahim. Itu data pada tahun 2020," ucapnya dalam media briefing, Kamis (2/2/2023).

Kanker ini terjadi akibat pertumbuhan sel-sel yang tak normal dan tak terkontrol di dalam payudara. Sel-sel tersebut membelah diri lebih cepat dari sel normal dan berakumulasi, kemudian membentuk benjolan atau massa. Pada stadium yang lebih parah, sel-sel abnormal ini dapat menyebar melalui kelenjar getah bening ke organ tubuh lainnya.

Jenis kanker ini umumnya lebih rentan dialami oleh wanita daripada pria. Meskipun demikian, bukan berarti pria tak bisa mengalami.

Ciri-ciri Kanker Payudara

Dikutip dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), kanker payudara di setiap pengidapnya umumnya berbeda-beda. Beberapa orang tak memiliki tanda atau gejala yang sama.

Beberapa tanda peringatan kanker payudara adalah:

* Benjolan baru di payudara atau ketiak (ketiak).

* Penebalan atau pembengkakan sebagian payudara.

* Iritasi atau lesung pipi pada kulit payudara.

* Kemerahan atau kulit bersisik di area puting atau payudara.

* Menarik puting atau nyeri di area puting.

* Puting keluar cairan selain ASI, termasuk darah.

* Setiap perubahan ukuran atau bentuk payudara.

* Nyeri di area manapun di payudara.

Perlu diingat bahwa gejala ini dapat terjadi dengan kondisi lain yang bukan kanker. Jika Anda memiliki tanda atau gejala seperti di atas, pastikan untuk segera menemui dokter.
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews