Gubernur Ansar Harapkan Koperasi HKTI Bantu Pengembangan Petani di Kepri

Gubernur Ansar Harapkan Koperasi HKTI Bantu Pengembangan Petani di Kepri

Pelantikan Pengurus Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera Bumi Indonesia Provinsi Kepri Masa Bhakti 2023-2028 di Golden Prawn Bengkong Batam. (Foto: Biro Adpim)

Batam, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, berharap Pengurus Koperasi Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Tani Makmur Sejahtera Bumi Indonesia dapat menjadi wadah bagi pengembangan dan peningkatan petani dan pengusaha dalam bidang komoditas pertanian.

"Apalagi komoditas pertanian sangat potensial untuk mendukung perekonomian dan ketahanan pangan negara," kata Ansar saat menghadiri Pelantikan Pengurus Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera Bumi Indonesia Provinsi Kepri Masa Bhakti 2023-2028 di Golden Prawn Bengkong Batam, Sabtu (29/1/2023).

Ia menyebut, kehadiran HKTI di Kepri diharapkan dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi petani serta memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi petani. HKTI juga dapat berperan sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah Provinsi Kepri.

Baca juga: Cen Sui Lan Minta Dirjen SDA PUPR Selesaikan Masalah Banjir di Ibu Kota Kepri

Menurut Gubernur Ansar, pelantikan pengurus koperasi harus meningkatkan sumber daya petani Indonesia, termasuk peningkatan dan pemanfaatan teknologi digital dalam menangani aktivitas dan transaksi produk pertanian.

"Jangan lagi menangani aktifitas pertanian dengan cara-cara konvensional," ajaknya.

Gubernur juga menekankan pentingnya mengatasi persoalan aksebilitas pasar dan permodalan untuk hasil pertanian. Skema permodalan melalui pinjaman 0 persen sudah tersedia melalui kerjasama dengan Bank Riau Kepri Syariah.

Ansar berharap bahwa koperasi dapat terus berkembang dan bukan hanya sekedar nama saja. Koperasi adalah lembaga ekonomi yang pertama kali ada dan diperkenalkan oleh bapak bangsa Indonesia.

Baca juga: Tri Suaka hingga Nabila Maharani Bakal Meriahkan Hari BUMDesa Tingkat Nasional di Kepri

Sementara itu, Ketua Umum Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera Bumi Indonesia, Winstop P Simanjuntak mengatakan, koperasi HKTI harus bisa mendata pontensi hasil pertanian yang ada di Kepri.

"Data ini menjadi penting, guna mengetahui potensi hasil pertanian yang bisa terus kita dorong, sebagai komoditas andalan," sebutnya.

Winston juga berharap solidatitas dan kinerja dari pengurus, untuk terus ditingkatkan, agar tujuan dari keberadaan koperasi untuk memakmurkan anggotanya para petani, bisa terwujud. Termasuk, terus menjalin komunikasi yang efektif dengan pemerintah daerah baik provinsi ataupun kabupaten/kota. 

Adapun yang terpilih sebagai Ketua Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera Bumi Indonesia Provinsi Kepri Masa Bhakti 2023-2028, Samsul.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews